Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12

Page 1 of 12
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.6, No. 2

131

H a l a m a n

PENERAPAN MANAJEMEN KINERJA

DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD

DALAM MENINGKATKAN AKUNTABILITAS

PENGELOLAAN PERGURUAN TINGGI

Eddy Soeryanto Soegoto

Kemajuan suatu institusi perguruan tinggi dapat dipengaruhi oleh dua faktor

lingkungan, yaitu lingkungan ekstern dan intern, suatu institusi perguruan tinggi

dapat maju apabila perguruan tinggi tersebut mampu memanfaatkan kesempatan

dan dapat mengatasi masalah yang sedang dihadapi oleh lingkungan perguruan

tinggi. Gagasan otonomi kampus untuk lebih memandirikan universitas agar dapat

lebih bertumbuh dan berkembang dalam realisasi "world class university", harus

dimulai dari momentum awal dengan komitmen dan spirit yang tinggi sehingga

akan mewujudkan impian kampus dengan keunggulan dalam hal kualitas

pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh

karena itu penting menerapkan manajemen berbasis kinerja dalam rangka

menghadapi perubahan-perubahan dilingkungan organisasi. Untuk itu para dosen

dan karyawan dituntut memiliki kinerja yang baik untuk menghadapi tantangan agar

dapat memanfaatkan situasi yang dapat menguntungkan organisasi. Program

Manajemen Kinerja mempunyai implikasi bahwa kegiatan tersebut harus

dilaksanakan sebagai sebuah proses manajemen umum yang dimulai dengan

penetapan tujuan dan sasaran dan diakhiri dengan evaluasi. Meliputi: (1)

Merencanakan, (2) Proses Manajemen, dan (3) Produktivitas. Ruang lingkup

program manajemen kinerja di Perguruan Tinggi yang mampu mencapai

akuntabilitas meliputi:Teknologi (Peralatan, metode kerja), Kualitas dari input

(termasuk material), Kualitas lingkup fisik (keselamatan, kesehatan kerja), Iklim dan

budaya organisasi (termasuk supervisi dan kepemimpinan, serta sistem

kompensasi dan imbalan. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan dalam

rangka penerapan manajemen kinerja di perguruan tinggi adalah dengan Balanced

Scorecard.

Kata Kunci: Manajemen Kinerja, Penilaian Kinerja, Balanced Scorecard dan Akun-

tabilitas

I. LATAR BELAKANG

Dampak adanya globalisasi, keterbukaan

demokrasi, rasionalisasi berfikir dan

budaya kompetisi/persaingan dalam

beberapa tahun terakhir ini telah

mempengaruhi dunia pendidikan. Akibat

yang timbul yaitu terjadinya perubahan-

perubahan yang bersifat sangat cepat

dalam penyelenggaraan pendidikan di

perguruan tinggi.

Dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi,

dituntut untuk dengan cepat merespon

proses yang kompleks dan berkelanjutan

dalam menghasilkan lulusan yang

mempunyai kemampuan dapat bekerja

sesuai dengan bidang ilmunya dan diterima

di masyarakat secara baik benar. Dengan

kata lain Perguruan Tinggi (PT) harus

menghasilkan lulusan tenaga kerja yang

bidang

HUMANIORA