< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12

Page 7 of 12
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.6, No. 2

163

H a l a m a n

(www.jakartaconsulting.com/extra_corner

berarti model kompetensi ditekankan

dalam organisasi dengan tipe organisasi

tertentu. Dalam organisasi yang masih

menjunjung tinggi hirarki, kompetensi

individu tidak dapat direalisasikan tanpa

adanya faktor-faktor tertentu yang harus

diperbaiki. Dengan kata lain, elemen-

elemen dari pendekatan ini mencakup

kompetensi individu terkini dan potensial

berkaitan dengan kapasitas kognitif,

memberi nilai tinggi pada pekerjaan, dan

juga mempunyai kepribadian yang selaras

dengan budaya organisasi (perguruan

tinggi).

5.2.Definisi SDM

Managing Partner

The Jakarta Consulting Group

“Merupakan sumber pengetahuan, ket-

erampilan, dan kemampuan yang teraku-

mulasi dalam diri anggota organisasi. Se-

lain itu SDM juga merupakan sumber ke-

unggulan kompetitif yang potensial karena

kompetensi yang dimilikinya berupa in-

telektualitas, sifat, ketrampilan, karakter

personal, serta proses intelektual dan kog-

nitif”. (

www.jakartaconsulting.com/

ex-

tra_corner_archive12.shtml, Mei 2006).

Hal 1.

Sedangkan definisi SDM menurut dengan

Drs. H. Malayu S.P Hasibuan, adalah

”Kemampuan terpadu dari daya pikir dan

daya fisik yang dimiliki individu”. (Malayu

S.P Hasibuan ;2000 ;241)

Dari beberapa definisi di atas penulis

menyimpulkan bahwa SDM merupakan

seperangkat kemampuan yang dimiliki

oleh individu sebagai bagian dari or-

ganisasi yang dapat diolah atau di kem-

bangkan agar memiliki suatu keunggulan.

5.3. Kompetensi Dosen

Dosen menurut Paulina Pannen adalah:

”Tenaga pendidik pada perguruan tinggi

yang khusus diangkat dengan tugas

utama mengajar”. (Pannen, 2001:21)

Berdasarkan uraian Kompetensi dan SDM

di atas maka yang menjadi kompetensi

pada SDM dosen meliputi : ”Kemampuan

komunikasi, kemampuan manajerial atau-

pun kepemimpinan, kemampuan bergaul

atau membina relasi, kepribadian yang

utuh atau jujur, serta kaya ide dan kreatif”.

(Rumanti dalam Ardianto :2004). Untuk

lebih jelas secara rinci akan di jelaskan

pada point-point sebagai berikut.

a. Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi merupakan

wujud kemampuan komunikasi dalam

berbagai bentuk seperti kemampuan

dalam menyampaikan materi, kemam-

puan dalam membantu mahasiswa

menyelesaikan masalahnya, kemam-

puan dalam memberi motivasi, kemam-

puan dalam untuk dialog-wawancara

dengan setiap mahasiswa, ataupun

kemampuan komunikasi lisan dengan

lawan bicara ataupun bentuk komuni-

kasi lainnya.

b.Kemampuan Manajerial atau Kepemim-

pinan

Merupakan wujud tugas sebagai bagian

dari perguruan tinggi yang menterje-

mahkan visi dan misi dari lembaga. Ke-

mampuan kepemimpinan seorang

dosen dapat diartikan kemampuan un-

tuk mengatisipasi masalah yang timbul

dari dalam dan luar lembaga serta

mampu menyusun rencana kegiatan

dan melaksanakannya. Dosen sebagai

komunikator perlu memiliki jiwa ke-

pemimpinan yang berprinsip, dengan

paradigma terobosan pola pikir yang

baru, seperti :

Pertimbangan keseimbangan yang

bijak

DESAYU EKA SURYA