< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 8 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.7, No. 1

10

H a l a m a n

komponen utama. Ekstraksi komponen-

komponen utama tersebut menghasilkan

nilai kontribusi masing-masing komponen

yang mungkin berubah terhadap 75,429%

kondisi yang dapat dijelaskannya.

Komponen utama pertama berubah

menjadi 19,769%; komponen utama

kedua

berubah

menjadi

13,920%;

komponen utama ketiga berubah menjadi

12,488; komponen utama keempat

berubah menjadi 11,605; komponen

utama kelima berubah menjadi 8,999%;

dan komponen utama keenam berubah

menjadi 8,647 % (Tabel 3).

Dampak

adanya

rotasi

adalah

berubahnya variabel-variabel pendukung

untuk

masing-masing

komponen

utamanya, kecuali komponen utama

kedua

berubah menjadi didukung oleh tiga

variabel yaitu jumlah penduduk (Z05),

jumlah hasil pertanian (Z06), dan jumlah

hasil laut (Z09), di wilayah yang disinggahi

ketiga

berubah menjadi didukung oleh dua

variabel,

yaitu

jumlah

naik/turun

penumpang di pelabuhan singgah (Z11),

dan jumlah naik/turun penumpang di

pelabuhan singgah (Z12). Komponen

keempat

variabel, yaitu panjang dermaga (Z13),

luas gudang pelabuhan uyang dimiliki

(Z14), dan luas wilayah pelayanan

pelabuhan tersebut (Z04). Komponen

utama kelima dan keenam masing-masing

didukung oleh satu variabel. Komponen

kelima

industri di wilayah yang disinggahinya

keenam

didukung oleh variabel hasil produksi

perkebunan (Z07).

Perbandingan variabel pendukung

masing-masing komponen utama antara

sebelum dan sesudah dirotasi dapat

dilihat seperti Tabel 5.

Tabel 5.

Perbandingan ariabel Pendukung antara

Sebelum dan Sesudah Rotasi

Dari hasil perhitungan rotasi faktor

atau komponen utama, diperoleh hasil

bahwa faktor atau komponen utama

pertama

Z02: Kedalaman minimum kolam

pelabuhan;

Z10: Hasil atau produksi ternak

selama setahun;

Z03 : Jarak lokasi terhadap ibukota

kabupaten atau kota;

Z01: Kedalaman alur pelayanan

minimum.

Berdasarkan variabel dominan yang

ada pada komponen utama pertama yang

diperoleh dari 169 sampel lokasi

pelabuhan singgah armada pelayaran

kapal perintis ini, dapat ditarik kesimpulan

bahwa

faktor

pertama

yang

mempengaruhi

penentuan

untuk

disinggahi atau tidaknya suatu wilayah di

Eddy Soeryanto Soegoto

No

Komponen

Utama

Variabel Pendukung

Sebelum

Rotasi

Seudah

Rotasi

1

Pertama

Z02, Z10,

Z03, Z01

Z02, Z10,

Z03, Z01

2

Kedua

Z13, Z11,

Z14, Z12

Z05, Z06,

Z09

3

Ketiga

Z05, Z06,

Z09

Z11, Z12

4

Keempat

Z04, Z12

Z13, Z14,

Z04

5

Kelima

Z07

Z08

6

Keenam

Z08

Z07

Kesimpulan umum

Terdapat

tumpang

tindih varia-

bel pada

komponen

utama

kedua dan

keempat

yaitu Varia-

bel Z13

Sudah tidak

ada tum-

pang tindih

peng-

gunaan

variabel

pendukung

diantara

komponen-

komponen

utamanya.