< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 2 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.7, No. 1

52

H a l a m a n

merupakan 2 subsistem dapat saling

berkomunikasi. Hal tersebut dapat dilihat

pada gambar 1

Manusia cenderung fleksibel &

mampu

beradaptasi,

dapat

belajar

bagaimana bekerja di lingkungan yang

baru. Manusia terbatas dalam kapasitas

memproses informasi, informasi pada

manusia diterima dan direspon melalui

saluran input dan direspon melalui

saluran masukan/keluaran, disimpan di

memori

kemudian

diproses

dan

diaplikasikan.

Komputer cenderung tidak fleksibel /

tidak mampu beradaptasi, masukan harus

dalam format yang jelas dan keluaran

harus didefinisikan sebelumnya, tidak

dapat belajar, dapat di desain ulang.

Memori

pada

komputer

bersifat

permanen/tetap dan memilki kapasitas

yang cukup besar, serta tidak bersifat

asosiatif.

Irisannya adalah merupakan interaksi

antara 2 komponen tersebut, atau dengan

kata lain interaksi adalah proses

komunikasi

antara

pengguna

dan

komputer. Berdasarkan dari definisi diatas

dapat kita simpulkan bahwa interaksi

manusia dan komputer adalah reka

bentuk, penilaian, implementasi sistem

komputer interaktif untuk kegunaan

manusia dan berisi kajian tentang

fenomena yang terlibat didalamnya atau

dengan kata lain interaksi pengguna

dengan komputer. Bidang yang terkait

dengan perancangan antarmuka antara

lain adalah :

a. Psikologi

Pengguna produk tidak semuanya

sama dan beraneka ragam, membuat

perancang sistem harus mempelajari

aspek psikologi pengguna untuk

memahami sifat dan kebiasaan

pengguna serta mengukur unjuk kerja

terhadap sistem manusia – komputer.

b. Grafis

Gambar digunakan sebagai sarana

dialog yang paling efektif antara

manusia dan komputer, sehingga

untuk menghasilkan bentuk yang

menarik dan luwes dari antarmuka

diperlukan keahlian dalam merancang

grafis.

c. Antropologi

Antropologi

merupakan

ilmu

pengetahuan

tentang

manusia,

sehingga

dapat

memberikan

padangan dalam cara kerja.

d. Linguistik

Pada saat manusia berinteraksi

dengan komputer sama halnya

dengan manusia sedang berdialog

dengan komputer, oleh karena itu

perlu

diperhatikan

penggunaan

bahasa agar dapat mengarahkan

pengguna pada saat berinteraksi

dengan komputer. Perlu diidentifikasi

sejauh mana penguasaan bahasa dari

pengguna sistem.

e. Teknik elektronika dan ilmu komputer

Pengetahuan

elektronika

harus

dikuasai, hal ini berkaitan dengan

pengetahuan akan aspek perangkat

keras (komputer). Selain penguasaan

perangkat

keras

(komputer)

diperlukan penguasaan perangkat

lunak, sehingga perancang mampu

mengetahui apakah rancangannya

dapat diimplementasikan dengan baik

atau tidak.

Perancangan

antarmuka

pada

dasarnya adalah proses penggambaran

dari bagaimana sebuah bagian sistem

Mira Kania Sabariah

Computer

Human

Gambar 1.

Interaksi Manusia dan Komputer