< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 5 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.7, No. 1

55

H a l a m a n

ortogonalitas.

7. Manipulasi Langsung

Manipulasi langsung merupakan

gaya dialog dimana aksi yang

dilakukan oleh user dapat langsung

terlihat pada obyek yang tampak di

layar monitor. Manipulasi langsung

biasanya menyertakan alat penunjuk

seperti mouse, trackball, atau layar

sentuh, dan banyak menggunakan

grafik dalam menampilkan obyek

dan aksi.

8. Kontrol

Sistem selalu berada di bawah

kontrol pengguna. Sistem dapat

membuat frustasi dan demoralisasi

bagi pengguna, jika mereka merasa

dikontrol oleh mesin. Agar hal ini

dapat tercapai, antarmuka harus

mempunyai

sarana

yang

memungkinkan pengguna dapat

menentukan :

Dimana sebelumnya pengguna

berada

Dimana

pengguna

berada

sekarang

Kemana pengguna dapat pergi

Apakah pekerjaan yang sudah

dilakukan dapat dibatalkan

9. Tepat

dalam

penggunaan

(Effektifitas)

Perancangan antarmuka sistem yang

sesuai dengan fungsi dari sistem.

Pertanyaan-pertanyaan yang muncul

dalam mencapai efektivitas adalah

apakah sistem yang dibangun dapat

membuat pengguna mudah untuk

mempelajarinya, efisien dalam

melakukan pekerjaan, pengguna

dapat mengakses informasi yang

mereka perlukan, dan sebagainya.

10. Efisien dalam penggunaan

Efisiensi merujuk pada apakah

sistem menyediakan fasilitas untuk

pengguna mengerjakan tugasnya.

11. Keamanan dalam penggunaan

Keamanan merupakan hal yang

paling utama untuk melindungi

pengguna

dalam

menghadapi

kondisi yang membahayakan dan

yang tidak diinginkan. Salah satunya

dapat

dilakukan

dengan

cara

membuat sebuah pesan dari sebuah

aktivitas yang dilakukan pengguna

(lihat gambar 3).

12. Kesesuaian Fungsi

Kesesuaian fungsi merujuk pada

fungsi-fungsi yang disediakan sistem

harus sesuai dengan definisi dari

sistem tersebut. Sebagai contoh

aplikasi untuk pengolah kata harus

menyediakan

seluruh

fasilitas

pengolah kata, seperti pembuatan

dokumen

baru,

penyimpanan

dokumen, dan sebagainya.

13. Mudah dalam mempelajari

Sistem yang mudah untuk digunakan

adalah sistem yang mudah dalam

mempelajarinya. Untuk membangun

sistem yang mudah dipelajari oleh

pengguna maka perancang harus

mengetahui

karakteristik

dari

pengguna, seperti kemampuan dan

keahlian pengguna sistem yang akan

dibangun.

14. Mudah diingat

Sistem yang mudah digunakan juga

Gambar 3.

Pesan Dokumen belum disimpan pada

Microsoft Word