< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 6 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.7, No. 1

56

H a l a m a n

adalah sistem yang mudah diingat

bagaimana cara menggunakannya,

tidak perlu waktu yang cukup lama

untuk

mempelajarinya.

Memori

manusia terbagi menjadi dua bagian,

yaitu memori jangka pendek dan

memori jangka panjang. Penyerapan

informasi pada manusia diterima

pertama kali oleh memori jangka

pendek, dimana karakteristik memori

jangka pendek dalam menyimpan

informasi sangat singkat. Agar

pengguna mudah dalam mengingat

informasi maka informasi perlu

disimpan dalam memori jangka

panjang melalui proses belajar, oleh

karena itu reka bentuk antarmuka

yang mudah dipelajari. Hal tersebut

dapat

dilakukan

dengan

cara

organisasikan informasi dalam pola

yang berarti karena kapasitas dan

durasi

STM

terbatas,

sebagai

contoh :

1112222 lebih mudah diingat

drpd 68934762

100 + 100 lebih mudah diproses

drpd 147 + 732

Rancang label dan penamaan

yang mudah untuk membedakan

kata secara fonematik

.

PERFORMANSI PROFILE PENGGUNA DAN

IMPLIKASINYA

Sistem

Interaktif

bertujuan

meningkatkan efisiensi & efektifitas

performansi

pengguna.

Perfomansi

pengguna dapat diukur melalui waktu

ditambah dengan usaha (PERFORMANCE

= TIME + EFFORT). Oleh karena itu

System designer

1. Mengukur performansi

2.

Memanipulasi faktor – faktor yang

berpengaruh

Untuk

mengukur

perfomansi

dari

pengguna dapat dilihat dari Determinan

performansi pengguna melalui beberapa

karakteristik pengguna yang diantaranya

adalah :

1.

Sistem pengolahan informasi pada

manusia

Human

Information

Processing System

2.

Karakteristik psikologi Pengguna

User physchology characteristic

3.

Pengetahuan dan pengalaman Peng-

User knowledge & experience

4.

User

Job & Task

5.

User

Physical Characteristic

6.

Lingkungan secara phisik dari peng-

User Physical Environment

7.

User Tool

Faktor

penentu

utama

untuk

merancang sistem interaktif adalah pada

sistem

pengolahan

informasi

pada

manusia, dimana harus ada pemahaman

bagaimana orang berpikir, belajar dan

berkomunikasi atau bisa dianalogikan

dengan

model

pemrosesan

dalam

Komputer.

Sistem pengolahan pada manusia

sangat kompleks dan sulit dimengerti

sehingga sulit untuk dijadikan model

secara akurat. Tetapi pendekatan yang

sudah ada dibagi atas tiga bagian (Preece,

1994):

1.

Pengolahan Persepsi

Persepsi merupakan proses dasar

dalam berinteraksi dengan komputer.

Penerimaan

informasi

pada

saat

berinteraksi

dengan

komputer

direpesentasikan

dengan

antarmuka,

sehingga

perlu

diperhatikan

dalam

perancangan antarmuka agar tidak

menyebabkan ambigu dalam penerimaan/

penyerapan informasi.

2.

Pengolahan Intelektual (Kognitif)

1Proses kognitif mengacu pada

proses dimana manusia dapat tertarik

Mira Kania Sabariah