Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16Page 17Page 18Page 19

Page 1 of 19
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.7, No. 2

249

H a l a m a n

dengan cepat mengubah dari bisnis yang

didasarkan pada tenaga kerja (labor-based

business)

menuju

knowledge

based

business (bisnis berdasarkan pengetahuan),

dengan

karakteristik

utama

ilmu

pengetahuan”. Dengan demikian jelaslah

sudah bahwa sumber daya manusia

memegang peranan yang sangat penting

PENDAHULUAN

Saat ini hanya perusahaan yang

memiliki keunggulan kompetitif yang

dapat bersaing di pasar global. Hasil

penelitian Tjiptohadi dan Agustine (2003:

35-57), menyatakan bahwa ”agar dapat

terus bertahan, perusahaan-perusahaan

PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN

(SURVEI PADA PT. FRISIAN FLAG INDONESIA WILAYAH JAWA BARAT)

Marliana Budhiningtias Winanti

Program Studi Manajemen Informatika

Universitas Komputer Indonesia

Kinerja karyawan yang tinggi dapat dicapai jika seluruh elemen-elemen yang

ada dalam perusahaan terintegrasi dengan baik, dan mampu menjalankan

peranannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan dan karyawan.

Oleh sebab itu diperlukan dukungan adanya kompetensi guna meningkatkan

kinerja karyawan tersebut. Kompetensi dan kinerja yang tinggi memberikan

isyarat bahwa organisasi dikelola dengan baik dan secara fundamental akan

menghasilkan perilaku manajemen yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah

untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja

karyawan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, yakni

descriptive dan explanatory survey, dan untuk menguji hipotesis penelitian

digunakan statistika multivariate dengan alat uji Structural Equation Model

(SEM), sedangkan untuk pengolahan data menggunakan program LISREL 8.30

(Linier Structural Relationship).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi karyawan yang

meliputi kompetensi intelektual, kompetensi emosional dan kompetensi sosial

pada karyawan PT. Frisian Flag Indonesia wilayah Jawa Barat rata-rata skornya

termasuk dalam kategori tinggi. (2) Kinerja karyawan PT. Frisian Flag Indonesia

wilayah Jawa Barat termasuk dalam kategori cukup tinggi. Ketepatan waktu

menyelesaikan pekerjaan memperoleh skor lebih tinggi dibandingkan kualitas

hasil kerja karyawan. (3) Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan adanya

pengaruh yang positif dan signifikan dari kompetensi terhadap kinerja

karyawan PT. Frisian Flag Indonesia wilayah Jawa Barat. Artinya kompetensi

karyawan menstimulir optimasi pembentukan kinerja karyawan dalam bekerja

di PT. Frisian Flag Indonesia wilayah Jawa Barat.

Kata kunci: Kompetensi, Kompetensi Intelektual, Kompetensi Emosional,

Kompetensi Sosial, Kinerja Karyawan

bidang

HUMANIORA