Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 1 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.7, No. 2

157

H a l a m a n

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

UNTUK MENINGKATKAN CITRA UNIVERSITAS

Ely Suhayati

Program Studi Akuntansi

Universitas Komputer Indonesia

Salah satu dari tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyara-

kat. Tri dharma ini pada dasarnya merupakan tanggung jawab sosial perguruan

tinggi. Program ini dapat dilakukan berkaitan langsung dengan bidang ilmu

tertentu yang ada di program studi atau multi disiplin ilmu yang ada di fakultas

bahkan universitas.

Pelaksanaan Corporate Social Responsibility akan dapat berjalan dengan baik

apabila ada program kemitraan antara universitas, korporat, dan masyarakat.

Perguruan tinggi sebagai mitra dalam pelaksanaan Corporate Social

Responsibility dapat memposisikan diri untuk membantu korporat untuk

menyusun dan melaksanakan program Corporate Social Responsibility sesuai

dengan core businessnya, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan citra

universitas melalui program-program yang dijalankannya

Universitas yang melaksanakan Corporate Social Responsibility menunjukkan

universitas tersebut memiliki tanggung jawab sosial tidak hanya kepada internal

perusahaan seperti karyawan, tetapi juga kepada pihak eksternal seperti

pemegang usaha, kreditur, pemerintah, masyarakat, dan lingkungan lainnya.

Dengan demikian perusahaan yang telah ber- Corporate Social Responsibility

keberadaannya dibutuhkan oleh stake holders dan akan meningkat citra

positipnya.

Dengan menerapkan Corporate Social Responsibility secara tulus, masyarakat

sekitar akan respect terhadap Universitas, citra universitas akan meningkat.

Efek positipnya universitas akan lebih dikenal dan disukai masyarakat dan daya

tarik calon mahasiswa untuk kuliah di universitas tersebut akan semakin tinggi.

Kata kunci Corporate Social Responsibility, citra Universitas

bidang

HUMANIORA

I. Pendahuluan

Gaung kepedulian terhadap aspek

lingkungan dan tanggung jawab sosial

terus mengemuka selama sepuluh tahun

terakhir. Perusahaan yang peduli terha-

dap aspek lingkungan dan tanggung

jawab sosial terus mendapat apresiasi

dari masyarakat. Selanjutnya perusahaan

juga terus didorong untuk membuat pela-

poran non keuangan. Salah satunya

sustainability report.triple

bottom line

dunia usaha. Sekarang dunia usaha

bukan hanya memperhatikan laporan

(single bot-

tom line),

aspek keuangan sosial dan lingkungan

triple bottom

line.

sustainabil-

ity report.