< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 2 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.7, No. 2

168

H a l a m a n

perusahaan mereka. Setiap pendekatan

tersebut pasti memiliki kelebihan dan

kekurangan sendiri-sendiri. Pendekatan

yang dapat memberikan hasil yang

memuaskan seperti pengeluaran yang kecil,

waktu yang singkat namun mampu

memberikan keuntungan yang maksimal

adalah suatu pendekatan yang paling

banyak diterapkan di setiap perusahaan.

Pendekatan

yang

digunakan

oleh

perusahaan tersebut akan memberikan

dampak

secara

langsung

pada

produktivitas.

Salah satu pendekatan yang banyak

dipakai

adalah

Total

Productive

Maintenance

terfokus

bagaimana

mengoptimalkan

produktivitas dari peralatan atau material

pendukung kegiatan kerja, tetapi juga

memperhatikan bagaimana meningkatkan

produktivitas dari para pekerja atau

operator yang nantinya akan memegang

kendali pada peralatan dan material

tersebut.

Divisi Mekanik di Perusahaan Umum

(PERUM) DAMRI adalah salah satu divisi

yang

bertugas

untuk

melakukan

pemeliharan

secara

rutin

terhadap

kendaraan-kendaraan

milik

mereka,

termasuk di antaranya Bus Kota. Namun

pada kenyataannya, Bus Kota milik mereka

masih mengalami kendala dalam masalah

produktivitas kerja. Dapat dilihat dari

kondisi mesin Bus yang sering mengalami

kerusakan dan kondisi fisik Bus yang

berada dalam kondisi buruk. Beberapa

penyebabnya adalah kurang terencananya

kegiatan pemeliharaan atau perawatan

yang dilakukan. Proses pemeliharaan yang

masih sangat sederhana dan kurangnya

keterampilan dari para operator yang

mengerjakan

kegiatan

pemeliharaan

mengakibatkan kinerja dari Bus Kota

menjadi tidak optimal.. Oleh karena itu,

perlu diterapkan metode pemeliharaan yang

tepat dan mampu mengatasi masalah-

masalah tersebut.

Penelitian ini menitikberatkan pada

beberapa komponen dari mesin DAMRI yang

dianggap sebagai komponen kritis. Adapun

definisi dari komponen kritis pada penelitian

ini adalah komponen yang sering

mengalami kerusakan selama periode

tertentu. Ukuran performansi dari penelitian

overall equipment efficiency

(OEE) yang akan menunjukkan nilai

efesiensi dari semua komponen kritis yang

terkait dalam penelitian ini.

Selain itu, penelitian ini juga akan

mereduksi jenis kerusakan dari tiap

komponen kritis dengan menggunakan

Failure Mode and Effect Criticaly Analysis

(FMECA) sehingga akan dihasilkan urutan

prioritas komponen kritis yang harus

dilakukan tindakan perawatan.

Identifikasi Masalah

Pada Divisi Mekanik PERUM DAMRI

Bandung

yang

dipandang

sebagai

permasalahan adalah mengenai kurangnya

produktivitas kerja dari operator dan mesin

yang tidak maksimal yang mengakibatkan

produktivitas Bus Kota menjadi tidak

optimal. Hal itu sebagai akibat dari proses

pemeliharaan atau perawatan mesin yang

belum optimal. Untuk itu perlu adanya suatu

sistem perawatan yang lebih baik yang

dapat meningkatkan produktivitas Bus Kota.

Dalam penelitian ini masalah yang akan

dipecahkan

adalah

“Bagaimana

meningkatkan produktivitas kerja Bus Kota

Total Productive

Maintenance

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai

berikut :

1.

Identifikasi komponen kritis dan jenis

kerusakan.

2.

overall equipment efficiency

(OEE)

3.

Mereduksi kerusakan dengan FMECA

Pembatasan Masalah

1.

Penelitian

dilakukan

di

Divisi

Mekanik PERUM DAMRI Unit Bus

Kota Bandung.

I Made Aryantha Anthara