< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 6 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.7, No. 2

172

H a l a m a n

Availability

Bus DAMRI dapat dihitung dengan meng-

gunakan persamaan berikut:

Operating Speed Rate

(OSR)

Merupakan perhitungan rasio kecepatan

standar dan aktual yang dapat membantu

kita mengetahui apakan mesin telah

bekerja lebih cepat atau lebih lambat dari

waktu produksi standar.

Performance Efficiency

(PE)

Rasio kemampuan mesin yang diwujudkan

dalam menjalankan suatu kegiatan

operasi transportasi

Overall Equipment

Efectiveness

Rasio ukuran mesin yang menunjukkan

apakah peralatan yang digunakan sudah

dimanfaatkan secara maksimal atau

belum.

Model Perhitungan Tingkat Produktivitas

Menentukan produktivitas kerja Bus Kota

sebelum diterapkan TPM.

Risk Priority Number

(RPN)

RPN

merupakan

nilai

yang

digunakan untuk menentukan manakah

komponen yang memiliki prioritas utama

untuk dilakukan tindakan perawatan.

RPN

antara nilai keburukan jenis kerusakan,

frekuensi kejadian kegagalan dan nilai

RPN

dengan persamaan sebagai berikut:

RPN

Frekuensi) x (Tingkat Probabilitas dan

Tingkat Deteksi

(6)

HASIL DAN PEMBAHASAN

Penentuan Komponen Kritis

Penentuan komponen mesin Bus

DAMRI yang paling kritis diambil dari hasil

perbandingan beberapa komponen mesin

Bus DAMRI yang sering mengalami kerusa-

kan dan dianggap kritis seperti yang terli-

hat pada tabel 2. Penentuan komponen

yang paling kritis dapat dilihat melalui dia-

gram yang menunjukkan frekuensi terjad-

inya kerusakan yang paling banyak

(sering) dari masing-masing komponen

kritis juga biaya atau harga komponen

yang lebih tinggi dibandingkan dengan

komponen-komponen lainnya.

Ada beberapa faktor yang bisa dijadikan

acuan dalam menentukan komponen me-

sin yang paling kritis, diantaranya dapat

dilihat dari:

1.

Harga komponen

2.

Frekuensi terjadinya kerusakan

3.

Biaya perawatan

I Made Aryantha Anthara

%

100

x

Time

Loading

Time

Down

Time

Loading

ty

Availabili

1

Time

Cycle

Actual

Time

Cycle

l

Theoretica

Rate

Speed

Operating

2

%

100

Pr

x

Time

Operating

Amount

ocessed

x

Time

Cycle

l

Theoretica

PE

3

Efficiency

e

Performanc

x

Rate

Speed

Opr

x

ty

Availabili

OEE

4

Efesiensi

s

Efektivita

s

oduktivita

Pr

5