< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 7 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.7, No. 2

173

H a l a m a n

No

Nama Komponen

Harga

Frekuensi Kerusakan

1 Ring Seher

Rp 1.331.000,00

5

2 Seher

Rp 1.650.000,00

5

3 Metal Duduk

Rp 605.000,00

5

4 Metal Jalan

Rp 305.000,00

5

Tabel 2. Komponen Mesin Bus DAMRI yang Paling Kritis

Penentuan Jenis Kerusakan

Jenis kerusakan dari komponen-komponen

kritis ini diperoleh dari wawancara langsung

pada bagian mekanik PERUM DAMRI.

Adapun jenis kerusakan dari masing-masing

komponen tersebut adalah:

1. Seher

Jenis cacat: Aus karena sering terjadi

Ring

SeherBorring

2.

Ring seher

Jenis cacat: Aus karena sering terjadi

Borring

3.

Metal Duduk

Jenis cacat: Aus karena sering terjadi

crank

shaft

dan akibat kotoran yang masuk di

crank saft.

4. Metal Jalan

Jenis cacat: Aus karena gesekan

crank shaftconnecting rod

Jika kita lihat pada tabel 3 tersebut,

Availability

Availability

yang

memenuhi

ketetapan

nilai

Availability

90%. Sehingga dapat dikatakan bahwa

mesin Bus DAMRI sudah dapat berfungsi

dengan baik.

Dari hasil penelitian, diperoleh nilai

Operating Speed Rate

berarti

kecepatan operasi aktual yang di dapat

sekarang lebih lambat dari kecepatan

standar yang dimiliki oleh Bus

DAMRI tersebut. Dimana kecepatan

operasi aktualnya sebesar 0,025 Jam/

Km,

sedangkan

kecepatan

operasi

standarnya adalah 0,016 Jam/Km.

Performance Effeciency

sebesar 64% dan belum bisa dikatakan

Performance

Effeciency

Performance Effeciency

Komponen

Availability

(%)

OSR (%)

PE (%)

OEE (%)

Ring Seher

98,99

64

64

40,54

Seher

Metal Duduk

Metal Jalan

Tabel 3. Komponen Mesin Bus DAMRI yang Paling Kritis