< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8

Page 8 of 8

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.8, No. 1

76

H a l a m a n

PENUTUP

Negara kepulauan adalah tantangan yang

harus ditaklukan oleh TIK guna menjangkau

pendidikan ke seluruh pelosok negeri. Den-

C-Generation

connectivity, convergence, collaboration,

content creative,contextual

kungan pemerintah melalui Detiknas, di-

harapkan menjadi suatu pemicu pengem-

bangan konten E-Learning yang ada, untuk

C-Learnin

mudian dengan adanya konvergensi di

C Learning

akan berkembang menjadi suatu sistem

Ubiquitous Learning.

sistem pendidikan berbasis TIK dimana

perangkat-perangkat

berbeda

dapat

mengakses layanan pendidikan ini dengan

lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah.

Gambar 8 Evolusi E-Learning

Konvergensi diharapkan cepat terwujud

guna meningkatkan aksesbilitas, serta

kemudahan dalam bidang pendidikan,

dalam

rangka

menyediakan

layanan

pendidikan dan pembelajaran jarak jauh

yang merata, murah dan dapat diserap oleh

semua lapisan masyarkat Indonesia di

pelosok Nusantara.

DAFTAR PUSTAKA

Jaringan Komputer

Graha Ilmu, Yogyakarta, 69-70.

Collaborative Learning: A

Case Study for CS1 at Grinnell College

and UT-Austin

Twenty-eighth SIGCSE Technical Sym-

posium on Computer Science Educa-

tion February 27-March 1, 1997, pp.

209-213.

Igel Zibriel, Suhono H. Supangkat, (2008),

Ensiklopedia Nusantara Menggunakan

, e-Indonesia Initia-

tive 2008 (EII2008) Konfrensi dan

Temu Nasional Teknologi Informasi

dan Komunikasi untuk Indonesia

karta,Indonesia,69-70.

Kumar

Vive,

Computer-

Supported

Collaborative Learning Issues for

Research,

Symposium, Department of Computer

Science, University of Saskatchewan,

Canada, 1996

Collabora-

tive E-Learning : Information Systems

Research Direction

Tenth Americas Conference on Infor-

mation System, New York, August

2004.

C-Generation, Sarasehan 10 Tahun Pen-

didikan Teknologi Informasi ITB, 2009

Http://www.detiknas.web.id

Irawan Afrianto