< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14

Page 12 of 14
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.8, No. 2

228

H a l a m a n

Dedi Sulistiyo Soegoto

suai dengan apa yang diinginkan/

diperkirakan. Karena dipengaruhi oleh kuali-

tas dari sarana, prasarana dan pengopera-

sian fasilitas angkutan umum itu sendiri.

Kesenjangan dari Ekspektasi dan Persepsi

Penumpang

Kesenjangan akan menunjukkan secara

jelas titik-titik kelemahan kekurangan kom-

ponen prasarana, sarana, dan pengopera-

sian untuk ditingkatkan. Hal ini dapat terli-

hat dalam gambaran grafik berikut ini :

Berdasarkan grafik diatas teridentifikas-

inya atribut-atribut yang memiliki kesenjan-

gan negatif. Sebagai tolak ukur fungsi pen-

ingkatan dan perbaikan dari dimensi fasili-

tas prasarana, sarana, dan pengopera-

siannya yang akan mempengaruhi pandan-

gan pandangan penumpang tentang mutu

pelayanan setelah dilaksanakan perbaikan

dan peningkatan.

Peningkatan dan Perbaikan Fasilitas

Qualiti Function

DeploymentQFD

dirasakan teramat kurang tersebut dapat

ditingkatkan dan dilakukan pembenahan

melalui perbaikan dan peningkatan pada

karakteristik teknisnya. Seperti digambar-

kan dalam grafik berikut ini dengan nilai

target sebagai berikut :

Atribut karakteristik teknisnya :

Investasi dana guna pembiayaan.

Jaminan dan asuransi.

Kredibilitas professional awak.

Kebijakan tarif dan discount.

Keamanan dan perlatan keselamatan.

Kebersihan dan pemeliharaan fasilitas.

Tata letak fasilitas dan kenyamanannya.

Lintasan atau rute yang dilalui.

Kedisiplinan dan ketertiban lalu lintas.

Kontrol dan pengawasan.

Dengan demikian pihak pengelola

dengan tidak bertumpu pada bentuk

penilaian tetap akan tetapi perlu berbagai

macam inovasi pada penilaian baru bagi

gebrakan produk jasa yang kita kelola. Kom-

ponen fasilitas pada sarana, prasarana, dan

sistem operasi yang selama ini masih

kurang memadai ada baiknya ditambah dan

dilakukan perawatan, pemeliharaan secara

terus menerus secara bersama-sama.

Grafik Nilai Target

95,13

55,72

62,58

95,63

61,28

73,75

45,82

92,70

42,42

67,33

K

on

trol

da

n

pe

ng

aw

as

an

K

edi

sipl

ina

n

da

n

ke

te

rt

iba

n

la

lu

L

int

as

an

ata

u

rut

e ya

ng

di

la

lu

i

T

ata

le

ta

k

fa

sil

ita

s da

n

Ke

be

rs

iha

n

da

n

pe

m

eli

ha

ra

an

K

ea

m

ana

n

da

n

pe

ra

la

ta

n

K

ebi

ja

ka

n

ta

rif

da

n

di

sc

ou

nt

K

re

di

bi

lita

s

pro

fe

sion

al

aw

ak

A

da

ny

a j

am

ina

n

da

n

as

ura

ns

i

Inv

es

ta

si

da

na

gu

na

pe

m

bi

aya

an

Karakteristik Teknis

Scale

Target