< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12

Page 6 of 12
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.9, No. 1

26

H a l a m a n

Gambar 5. E-R Diagram Proses Belajar

Mengajar

Arsitektur Aplikasi

Tujuan dari pembuatan arsitektur aplikasi

adalah untuk mendefinisikan aplikasi-

aplikasi utama yang diperlukan untuk

mengatur data dan mendukung fungsi

bisnis dari organisasi tersebut. Arsitektur

owner’s

viewzachman

framework

informasi.

Tabel 1. Kandidat Aplikasi

Bobi Kurniawan,ST.,M.Kom

Arsitektur Data

Arsitektur

data

bertujuan

mendefinisikan data yang akan dipakai

untuk mengembangkan dan membangun

arsitektur aplikasi. Berdasarkan langkah

yang ada di EAP, arsitektur data

mendefinisikan 2 (dua) hal, yaitu:

1. Kandidat Entitas Data

2. Entitas Set, Atribut dan Relasinya.

Kandidat Entitas Data

Kandidat entitas merupakan enti-

tas yang akan menjadi bagian dari perenca-

naan arsitektur perusahaan, sehingga

penentuannya dapat didasarkan pada

value

chain

dengan demikian maka entitas yang akan

didefinisikan adalah entitas bisnis dan ber-

dasarkan entitas bisnis tersebut akan dide-

finisikan entitas data. Sesuai dengan

value chain

entitas bisnis utama yang dapat diidentifi-

kasi adalah sebagai berikut:

1. Entitas Penerimaan Mahasiswa Baru.

2. Entitas Operasional Akademik / Proses

Belajar Mengajar.

3. Entitas Pelepasan Mahasiswa.

4. Entitas Manajemen Keuangan dan

Akuntansi.

5. Entitas Manajemen SDM dan Umum

Entitas Set, Atribut dan Relasinya

Gambar 4. E-R Diagram Penerimaan Mahasiswa Baru

Tim PMB

Promo

Seleksi

Gunakan

Anggaran

TKU

Calon Mahasiswa

N

N

N

N

1

1

Seminar KP

KHS

Dosen

Dosen Wali

Dosen Pembina

MK

Mata Kuliah

Nilai

Mahasiswa

Sidang TA

Uang Kuliah

Wisuda

Ujian

Ujian

Ujian

Ujian

Memiliki

Jadwal

Is a

Olah

Ikut

Bayar

Bimbing

N

N

N

N

N

N

N

N

N

N

N

N

N

1

1

1

1

1

1

1