< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6

Page 4 of 6
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.10 No. 1

38

H a l a m a n

dalam satuan waktu yang memasuki

system antrian. Hasil analisa dengan

menggunakan persamaan Y = -0,0119x

+ 4,1064 untuk kondisi adanya

pengaruh kenaikan tariff toll dan BBM,

dan Y = 0,0172x + 4,0578 untuk tidak

ada pengaruh dari kenaikan tariff toll

dan BBM.

Tabel 1. Volume tingkat kedatangan

kendaraan

Tingkat pelayanan (µ), yaitu jumlah

manusia/kendaraan yang dapat dilayani

oleh satu tempat pelayanan dalam

waktu tertentu (orang/menit atau

kendaraan/jam).

Tingkat pelayanan pintu toll Pasirkoja

dengan jumlah gardu k =4, menunjukkan

pada kondisi ada pengaruh kenaikan tariff

toll dan BBM masih mampu melayani

tingkat kedatangan kendaraan. Namun

untuk kondisi tidak ada pengaruh kenaikan

tarif toll dan BBM pada tahun 2011 dan

2015 sudah tidak mampu melayani tingkat

kedatangan yang ada, sehingga perlu

ditambah jumlah gardunya.

Waktu pelayanan, yaitu nisbah antara

tingkat kedatangan dengan tingkat

pelayanan. Bila nilainya lebih besar dari

1 maka terjadi antrian panjang

kendaraan di pintu toll.

Tabel 3. Waktu pelayanan

Hasil analisa menunjukkan pada

kondisi ada pengaruh kenaikan tariff toll

dan BBM tidak terjadi antrian karena waktu

pelayanan masih di bawah nilai 1.

Sedangkan pada kondisi ada pengaruh

kenaikan tariff toll dan BBM pada tahun

2011 dan 2015 terjadi antrian panjang

kendaraan. Sehingga perlu mengurangi

waktu pelayanan dengan menambah gardu

Mohamad Donie Aulia.

volume tingkat kedatangan ,

kendaraan/jam

adanya

pengaruh

kenaikan

tarif

tidak adanya

pengaruh

kenaikan

tarif

tol dan BBM

tol dan BBM

2007

836

977

2011

1026

1568

2015

920

1837

Tahun

Tingkat pelayanan (µ)

Tingkat pelayanan (µ)

ada pengaruh kenaikan tarif

tidak ada pengaruh kenaikan tarif

tol dan BBM

tol dan BBM

Q

n

d

w

q

n

d

w

2007

1

1

6.00

3.49

1

2

7.84

5.34

2011

2

3

8.79

6.28

-13

-12

-27.22

-29.72

2015

1

2

6.98

4.47

-6

-5

-8.97

-11.47

Tabel 2. Tingkat Pelayanan (µ)

Tahun

Waktu pelayanan ( )

Ada pengaruh

kenaikan tarif

Ada pengaruh

kenaikan tarif

tol dan BBM

tol dan BBM

2007

0.582

0.680

2011

0.715

1.092

2015

0.641

1.280