< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6

Page 5 of 6
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.10 No. 1

121

H a l a m a n

Fenny Febrianty

m e n c a k u p

u n s u r - u n s u r

t o p i k

pembelajaran, fokus pada bahasa yang

dipelajari, dan unsur sastra (Nunan,

1991:209)dalam Wahyuningrum R

(2011). Untuk itu dosen memberikan

judul puisi dan tugas yang harus

dikerjakan oleh masing -masing

kelompok, yaitu :

a. Analisis Unsur – unsur Puisi

1) Unsur Instrik

a) Struktur fisik (Perwajahan /

tipografi, Diksi, Imaji, Kata

kongkret, Gaya bahasa,

Rhythm dan Rima.

Feeling,

Tone,

2) Unsur ekstrinsik

a) Apakah puisi yang dianalisis

memiliki

hubungan

in-

tertekstual dengan puisilain

sebelumnya?

b) Apakah terdapat latar be-

lakang sosial, budaya yang

mempengaruhi penciptaan

puisi yang dianalisis?

b. Analisis Makna Puisi, melalui pemba-

caan semiotik, melalui tahapan yaitu

penerjemahan lirik puisi kedalam

bahasa Indonesia, pembacaan

heurisik, pembacaan hermeneutik,

penguraian kata kunci, penarikan

kesimpulan.

b. Mahasiswa

(a) Mengerjakan tugasyang telah diberi-

kan dosen bersama anggota kelom-

pok masing-masing di luar perkulia-

han.

(b) Jawaban dari tugas yang diberikan

dosen di buat dalam bentuk laporan

tertulis.

(c) Membagikan kopian laporan kepada

kelompok yang lain, untuk dipelajari

sebagai materi diskusi minimal 1 hari

sebelum perkuliahan

II. Tahap Diskusi

a. Dosen memimpin diskusi

(1) Memberitahukan tujuan, mengenal-

kan topik dan mengajukan masalahu-

mum yang akan dipecahkan,

(2) Mempersilahkan kelompok pertama

untuk mempresentasikan hasil jawa-

ban mereka hingga selesai. Dalam

hal ini mahasiswa per kelompok

menggunakan teknik presentasi

seperti biasa, dimana seluruh ang-

gota kelompok memiliki kesempatan

untuk presentasi. Untuk ini mereka

d i b e r i

k e s e m p a t a n

u n t u k

menggunakan segala fasilitas yang

ada guna mendukung penampilan

presentasi kelompok mereka.

b. Dosen menganalisis hasil presentasi

(1) Memperjelas masalahbila ada pern-

y a t a a n / g a g a s a n

y a n g

kurang jelaspenyampaiannya, agar

semua mahasiswa memperoleh per-

sepsi yang sama.

(2) Memberi pertanyaan-pertanyaan un-

tuk menguji dan mengkritisi hasil

presentasi kepada seluruh maha-

siswadi kelas. Pertanyaan yang diaju-

kan adalah pertanyaan evaluatif

(pertanyaan “Mengapa?”). Dengan

menjawab pertanyaan evaluatif ini

mahasiswa dapat memilih, menilai,

menilai, mengambil keputusan,

mengkritik, mempertahankan penda-

pat maupun menghakimi. Melalui

pertanyaan evaluatif dosen dapat

mengukur kemampuan mahasiswa

dalam berargumentasi, mem-

prediksi,mengambil keputusan, dan

membuat generalisasi atas topik

yang sedang dibahas.

c. Dosen memberikan kesempatan maha-

siswa dari kelompok lain untuk berpar-

tisipasi,

(1) Mempersilahkan mahasiswa dari

kelompok lain (kelompok yang tidak

presentasi) untuk memberikan per-