< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6

Page 6 of 6

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.10 No. 1

122

H a l a m a n

tanyaan atau pendapat kepada

kelompok yang presentasi.

(2) Memonitor agar pertanyaan -

pertanyaan dan jawaban-jawaban

tidak dimonopoli orang mahasiswa-

mahasiswa tertentu saja.

d. Dosen membantu memecahkan ma-

salah, jika ada jalan buntu karena perbe-

daan pendapat.

III. Tahap Penutup

a. Membuat kesimpulan dari topik yang

sedang dibahas.

b. Memberi gambaran tentang tindak lanjut

hasil diskusi.

c. Mengajak mahasiswa untuk menilai

proses dan hasil diskusi.

Selanjutnya mempersilahkan

kelompok kedua untuk mempresentasikan

hasil analisis puisikelompok mereka dengan

tahapan-tahapan yang sama seperti kelom-

pok pertama.

C. PENUTUP

Apapun metode pengajaran yang

akan digunakan oleh dosen dalam

pengajaran(analisis) karya sastra asing,

basic of

knowledge

(Indonesia) terlebih dahulu, karena jika

tidak, dosen tidak bisa menuntut

mahasiswa untuk dapat memahami sastra

asing yang masih asing bagi mereka

karenamahasiswa sendiri belum memahami

prinsip dan konsep karya sastra secara

umum.

Dalam pembelajaran dengan

menggunakan pendekatan metode diskusi

terbimbing seperti ini, mahasiswa secara

tidak langsung dituntut untuk dapat

menganalisis unsur-unsur puisi dengan

melakukan berbagai macam kegiatan

penemuan dan bekerjasama dengan

mahasiswa lain dalam suatu kelompok.

Disamping itu, pembelajaran analisis karya

sastra dengan pendekatan seperti ini

memberikan ruang gerak yang lebih luas

kepada mahasiswa dalam arti mahasiswa

lebih berkesempatan untuk mendalami dan

memperoleh informasi sebanyak-banyaknya

mengenai sebuah topik yang ditugaskan

kepada mereka. Dengan demikian,

pengajaran analisis karya sastra asing akan

lebih menarik dan bernilaikarena pendapat-

pendapat serta pengetahuan dari

mahasiswa lahir dari penemuan-penemuan

mereka sendiri yang merupakan suatu hasil

pembelajaran yang bermanfaat.

REFERENSI

Guru dan Anak

Didik dalam Interaksi Edukatif

karta : PT. Rineka Cipta

Strategi Belajar Men-

gajar

Diskusi Kelompok Ter-

bimbing Model Tutor Sebaya

sawali.info/2007/12/29/diskusi-

kelompok-terbimbing-model-tutor-

sebaya/ ( unduh : 18 November

2011)

Keterampilan Membimbing

Diskusi

http://www.scrib.com/

d o c / 3 0 3 4 0 1 5 7 / k e t e r a m p i l a n -

membimbing-diskusi

(

vember 2011)

Tantangan Tingkat

Dua Pengajaran Sastra,

http://

orangindonesia.net/2010/01/04/

tantangan-tingkat-dua-pengajaran-

sastra/

(

Wahyuningrum R. (2011

Penggunaan

Model Jigsaw pada Kelas Pengantar

I l m u

S a s t r a

h t t p : / /

e

d

u

-

kasi.kompasiana,com/2011/03/06/

m e t o d e - k o o p e r a t i f - d a l a m -

pembelajaran-sastra/

vember 2011)