Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11

Page 1 of 11
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.10 No. 1

143

H a l a m a n

USULAN PETA STRATEGI TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN

CRITICAL SUCCESS FACTOR (CSF)

IT BALANCED SCORECARD

(Studi Kasus Pada PT. Sola Gratia Bandung)

GUNARDI, DEDI SULISTYO S, TARYANA SURYANA

Program Studi Master Manajemen

bidang

MANAJEMEN

PT Sola Gratia merupakan perusahan yang sedang berkembang, tetapi dalam perjalan

proses bisnisnya mengalami kendala, hal ini terlihat dari belum terintegrasinya antara

bagian perbagian, dan diantaranya pelaporan laporan keuangan belum secara cepat

terselesaikan sehingga pengambilan keputusan dari pemakai laporan keuangan

dalam hal ini shareholder perusahaan sering terlambat dan bagian marketing dengan

produksi masih ada ketidak cocokan perintah diakibatkan belum terintegrasinya

teknologi informasi dan pemanfaatannya masih sangat sederhana di dalam PT.Sola

Gratia tersebut. Selain permasalahan proses bisnisnya juga ada permasalahan dari

segi investasi TI yang ternyata cukup mahal mencakup akan kebutuhan mesin dan

juga perubahaan teknologi pada mesin industri yang cepat berubah yang akhirnya

berdampak pada SDM/tenaga ahli yang kurang.

Untuk menjawab permasalahan diatas adalah salah satunya dengan pendekatan

teknologi informasi dan telekomunikasi dimana TI telah membawa perubahan drastis

pada wajah dunia bisnis menjadi semakin global, dimana mulai terkikisnya sekat-

sekat yang membatasi ruang gerak perusahaan sehingga bisa menembus hambatan

jarak dan waktu. Dalam situasi lingkungan bisnis saat ini dimana perubahan sudah

menjadi keharusan, maka setiap perusahaan harus secara efektif melakukan

perubahan dengan mengambil keputusan-keputusan strategis yang bertujuan untuk

memenangkan persaingan dan meraih pertumbuhan keuntungan yang berkelanjutan.

Balanced Scorecard tujuan dari suatu unit usaha tidak hanya dinyatakan dalam suatu

ukuran keuangan saja melainkan dijabarkan lebih lanjut ke dalam pengukuran

bagaimana unit usaha tersebut menciptakan nilai terhadap pelanggan yang ada

sekarang dan masa datang dan bagaimana unit usaha harus meningkatkan

kemampuan internalnya untuk memperoleh kinerja yang baik. Dari hasil perencanaan

teknologi informasi akan diperoleh suatu usulan strategi teknologi informasi untuk

pengembangan selanjutnya.

Analisis SWOT pada PT.Sola Gratia menunjukkan keadaan Growth, dalam analisis

balanced scorecard visi perusahaan menggunakan strategi differentiation dan cost

leadership strategy, Analisis IT BSC untuk persperspektif kontribusi perusahaan

sebelum IT BSC 52% target 100%, Orientasi pengguna sebelum IT BSC 3.2 target 5

(skala 5), Keunggulan operasional produksi sebelum IT BSC 95% target 100% dan

pelayanan perbaikan mesin sebelum IT BSC 87.5% target 100%, Orientasi masa

datang sebelum IT BSC 4.0625 target 5 (skala 5).Dan selanjutnya menghasilkan Peta

Strategi TI pada PT.Sola Gratia.

Kata Kunci : Analisis CSF, IT Balanced Scorecard, Peta Strategi Informasi