< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 2 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.10, No. 2

158

H a l a m a n

Setiap teknologi tentu memberikan

sebuah dampak baru, begitu juga dengan

social game facebook. Dampak tersebut

bermacam-macam, tergantung dengan

tujuan dan cara penggunaan. Pada

bahasan selanjutnya, akan diulas

mengenai dampak yang diberikan oleh

game tersebut, khususnya bagi kegiatan

belajar mahasiswa Teknik Informatika

UNIKOM.

FACEBOOK

Facebook sebagai situs social networking,

lebih menekankan dalam membangun

jejaring pertemanan di dunia internet.

Karena memiliki fitur pencarian yang

canggih serta dukungan berbagai aplikasi

yang tersedia, facebook dengan

mudahnya memberikan informasi

mengenai teman, bahkan teman semasa

sekolah yang telah lama tidak berjumpa,

sampai dengan teman dari teman, teman

sekerja, atau teman yang ada daftar

emailnya pada akun email anda,

semuanya disediakan oleh facebook.

Facebook merupakan sebuah layanan

jejaring sosial yang diluncurkan pada

tanggal 4 Februari 2004 yang

dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook,

Inc. Pada bulan Januari 2011 Facebook

telah memiliki lebih dari 600 juta

pengguna aktif. Pengguna dapat membuat

profil pribadi, menambahkan pengguna

lain sebagai teman dan bertukar pesan,

termasuk ada pemberitahuan otomatis

ketika mereka memperbarui profilnya.

Bahkan sekarang ini Facebook sudah

menyediakan fitur untuk video chat yang

bekerja sama dengan skype.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg

bersama teman sekamarnya serta sesama

mahasiswa ilmu komputer yakni Eduardo

Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris

Hughes. Keanggotaan situs web ini

awalnya terbatas untuk mahasiswa

Harvard saja. Namun kemudian situs ini

secara perlahan membuka diri untuk

publik dan akhirnya untuk setiap orang

yang berusia minimal 13 tahun.

Tabel 1. Data Pengguna Facebook

Tabel 2. Sepuluh Negara Pengguna

Facebook Terbanyak [1]

Berdasarkan tabel di atas, tampak bahwa

Facebook merupakan situs jejaring sosial

yang paling banyak penggunanya. Hal ini

dipengaruhi oleh beberapa hal, dan yang

paling utama adalah kemudahan dalam

menggunakannya.

I Made Andhika

Tanggal

Pengguna

(Juta)

Pertumbuhan

Bulanan

26 Agustus

2008

100

178.38%

8 April 2009

200

13.33%

15 Sept 2009

300

10%

5 Februari

2010

400

6.99%

21 Juli 2010

500

4.52%

5 Januari 2011

600

3.57%

Negara

Jumlah Pengguna

United State

152.897.200

Indonesia

39.193.980

India

31.207.580

United Kingdom

29,853,020

Turkey

29,697,480

Mexico

27,329,180

Philippines

25,535,120

France

22,698,940

Brazil

22,689,780

Germany

19,997,700