< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 3 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.10, No. 2

159

H a l a m a n

CLOUD COMPUTING

Menurut definisi dari National Institute of

Standards and Technology (NIST), cloud

computing adalah sebuah model yang

memungkinkan resource yang digunakan

bersama maupun resource komputasi

yang dapat dikonfigurasi (network, server,

storage, aplikasi, layanan, dan

sebagainya) dapat berada dimana – mana

(melalui jaringan), mudah digunakan, dan

dapat diakses saat diperlukan saja (on

demand), dimana layanannya secara

cepat disediakan dan dilepas dengan

m e m i n i m a l i s i r

u s a h a

u n t u k

manajemennya maupun interaksi dengan

penyedia layanan.

Gambar 1. Sketsa Cloud Computing

CLOUD GAMING

CloudGaming merupakan salah satu

aplikasi cloud computing yang berbasis

Software as a Service

Aplikasi ini mengkhususkan diri pada

cloud resource

game

Dengan fokus layanan aplikasi gaming,

secara ekstensif SaaS merupakan

komponen yang paling canggih

dikembangkan. Sehingga, pengguna tidak

perlu mengetahui pada sistem seperti apa

mereka bermain, mereka hanya perlu

memilih game yang mereka ingin

mainkan.

Sekilas jika kita lihat memang tidak

online gaming

cloud

gaming

Dimana

keduanya

membutuhkan koneksi internet untuk

dimainkan, tapi harus dilihat bahwa dalam

cloud

computing

kita

tidak

perlu

melakukan

instalasi

apapun

untuk

menjalankan aplikasinya atau mengunduh

patch yang akan di-install ke komputer

kita bila ada perubahan dalam permainan

video tersebut. Yang kita butuhkan hanya

sebuah web browser atau sebuah aplikasi

client khusus yang ringan dan berfungsi

untuk memberikan daftar aplikasi atau

permainan yang ingin kita mainkan.

Dengan sistem seperti itu, keuntungan

yang diperoleh adalah tuntutan spesifikasi

komputer yang tidak terlalu tinggi. Hal ini

karena permainan yang kita mainkan

berjalan di server bukan di komputer kita.

Namun dibalik kemudahan tersebut, kita

diwajibkan untuk memiliki kecepatan

internet yang sangat cepat dan stabil agar

dapat dengan lancar memainkannya.

Karena pada dasarnya seperti komputer

streaming video

MODEL PENELITIAN

Model yang akan dibangun dalam

penelitian diwakili oleh beberapa variabel,

yaitu lamanya bermain game (E) yang

dipengaruhi oleh kemudahan dalam

mengakses internet (i) dan keterampilan

bermain game (g). Asumsi yang penulis

ajukan adalah sebagai berikut:

a. Faktor pertama adalah kemudahan

mengakses internet. Semakin mudah

mengakses internet (i), maka

kemungkinan untuk bermain game

berbasis cloud computing juga

s e m a k i n

m u d a h

d a n

a k a n

mempengaruhi lama bermain game

(E). Sebaliknya, jika sulit mengakses

internet, maka waktu untuk

mengakses dan memainkan game ini

akan semakin kecil bahkan nol.

b. F a k t o r

s e l a n j u t n y a

a d a l a h

keterampilan bermain game (g).

Semakin terampil bermain, maka akan

I Made Andhika