< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 4 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.10, No. 2

160

H a l a m a n

semakin lama memainkan game

tersebut. Hal ini disebabkan game

Facebook menuntut penggunanya

untuk saling berinteraksi dengan

pemain lain, baik untuk meminta

bantuan dalam menyelesaikan sebuah

item

membantu dan mengirimkan item ke

teman. Dengan kata lain, dibutuhkan

juga waktu untuk mencari teman yang

bermain game yang sama karena

semakin banyak teman, akan semakin

mudah untuk meningkatkan level

permainan.

c. Semakin lama bermain game juga

akan

s emakin

m eningk atk an

keterampilan dalam memainkannya.

Sehingga lama dan keterampilan

bermain game berbanding lurus.

Demikian juga dengan kemudahan

dalam mengakses internet yang

berbanding lurus dengan lama bermain

game.

Dari asumsi-asumsi tersebut, maka

penulis memberikan model persamaan:

Dampak yang akan diteliti adalah

mengenai prestasi akademik dan dilihat

dari nilai akhir mahasiswa. Nilai akhir (NA)

mahasiswa di UNIKOM dipengaruhi oleh

jumlah kehadiran, nilai tugas dan kuis,

nilai ujian tengah semester (UTS) dan nilai

ujian akhir semester (UAS). Jika

dirumuskan, maka akan terlihat seperti

berikut.

Meskipun kehadiran hanya memberikan

kontribusi sebesar 10% terhadap

penilaian, akan tetapi jika jumlah

kehadiran dibawah 80% (dari 16 kali

pertemuan) maka nilai mahasiswa akan

dipastikan sangat buruk dan tidak lulus

dari sebuah mata kuliah. Hal ini karena

sesuai peraturan di UNIKOM, jika jumlah

kehadiran dibawah 80% maka seorang

mahasiswa tidak diperkenankan untuk

mengikuti ujian baik UTS maupun UAS.

Misalnya saja karena terlalu asyik main

game sehingga lupa waktu, mahasiswa

tidak dapat mengahadiri perkuliahan yang

dilaksanakan jam 7.00 pagi karena

bangun kesiangan. Maka jumlah

kehadiran akan semakin berkurang. Jika

hal tersebut terulang sampai lebih dari

tiga kali, maka dapat dipastikan jumlah

kehadiran mahasiswa tersebut dibawah

80%.

Hal lainnya yang mempengaruhi penilaian

adalah tugas dan kuis yang memberikan

kontribusi sebesar 20% dari penilaian.

Misalnya seorang mahasiswa sedang

mengerjakan tugas makalah. Karena

jenuh ia mencoba menghibur diri dan

mencari inspirasi dengan bermain game

Facebook. Akan tetapi, karena terlalu

membutuhkan hiburan, ia keasyikan

deadline

tugas telah berlalu, maka ia tidak akan

memperoleh nilai tugas. Begitu juga

dengan kuis, karena terlalu senang

bermain game sehingga tidak belajar,

maka ketika kuis diadakan keesokan

harinya, ia tidak dapat mengerjakan soal

kuis tersebut.

Hal yang mempengaruhi penilaian

selanjutnya adalah UTS dan UAS. Misalnya

seorang mahasiswa seminggu sebelum

pelaksanaan ujian terlalu sibuk bermain

game sehingga tidak mereview atau

mempelajari materi yang telah diberikan.

Setiap hari yang dilakukan hanya bermain

game Facebook sampai hari ujian. Hal

yang sangat mungkin terjadi adalah ia

tidak menguasai materi sehingga tidak

dapat menjawab pertanyaan atau soal-

soal ujian. Dapat dipastikan bahwa nilai

ujian mahasiswa tersebut sangat buruk

dan tidak lulus.

Dari beberapa hal tersebut di atas, yang

penulis tekankan adalah lama (waktu)

bermain game seorang mahasiswa akan

I Made Andhika

NA = 10%Kehadiran + 20%(Tugas dan

Kuis) + 30%UTS + 40%UAS