< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 8 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.10, No. 2

164

H a l a m a n

teman yang bermain game yang sama

karena semakin banyak teman, akan

semakin mudah untuk meningkatkan level

permainan. Semakin lama bermain game

juga akan semakin meningkatkan

keterampilan dalam memainkannya.

Sehingga lama dan keterampilan bermain

game berbanding lurus. Demikian juga

dengan kemudahan dalam mengakses

internet yang berbanding lurus dengan

lama bermain game.

DAMPAK GAME FACEBOOK TERHADAP

PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA TEKNIK

INFORMATIKA UNIKOM

Hal utama dalam penelitian ini adalah

untuk mengetahui dampak game

facebook terhadap prestasi akademik

mahasiswa Teknik Informatika UNIKOM.

Dari 87 mahasiswa yang memainkan

game facebook, terdapat beberapa hasil

yang diperoleh sebagai berikut.

Tabel 7 Dampak Game Facebook

Dari tabel tersebut tampak bahwa

mahasiswa yang sering bermain game

memiliki nilai yang kurang baik bahkan

terdapat 2 mahasiswa yang tidak lulus

dalam sebuah matakuliah karena sering

sekali lupa waktu dalam bermain game

sehingga semua nilai tugas dan nilai ujian

sangat buruk. Hal ini menunjukkan bahwa

game

berdmapak

negatif

terhadap

prestasi akademik mahasiswa Teknik

Informatika UNIKOM.

KESIMPULAN

Setelah melakukan pengujian pada model

yang telah dibangun diatas, ternyata

terdapat beberapa hal sebagai berikut.

1. Lama bermain game dipengaruhi oleh

kemudahan dalam mengakses internet

dan keterampilan bermain game.

2. Lama bermain game Facebook akan

berdampak negatif (meskipun tidak

signifikan) terhadap prestasi akademik

seorang mahasiswa.

3. Prestasi akademik diukur dari nilai

akhir seorang mahasiswa yang meliputi

jumlah kehadiran, nilai tugas dan kuis,

nilai UTS dan nilai UAS.

REKOMENDASI

Agar hasil pengujian semakin baik, maka

jumlah responden harus ditambahkan. Hal

ini untuk menambah variasi data sehingga

pengujian akan semakin sempurna. Selain

itu, bagi mahasiswa yang sering lupa

waktu dalam bermain game, sebaiknya

segera mengubah kebiasaan agar dapat

meningkatkan nilai atau prestasi

akademik.

I Made Andhika

N

o

Data yang Diamati

Jumlah

1

Lama akses internet

Lebih dari 5 jam

4-5 jam

3-4 jam

1-3 jam

Kurang dari 1 jam

(mhs)

10

20

37

17

3

2

Lama Akses Facebook

Lebih dari 5 jam

4-5 jam

3-4 jam

1-3 jam

Kurang dari 1 jam

(mhs)

8

15

25

29

10

3

Keahlian Bermain Game Fb

Sangat Mahir

Mahir

Biasa saja

Kurang Mahir

Tidak Mahir

(mhs)

8

15

25

25

14

4

Nilai Akhir

A

B

C

D

E

(mhs)

9

58

18

2