Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8

Page 1 of 8
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.10, No. 2

263

H a l a m a n

KNOWLEDGE MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KREASI DAN INOVASI PERUSAHAAN

LITA WULANTIKA, SE., M. Si

Fakultas Ekonomi - Jurusan Manajemen

Universitas Komputer Indonesia

Persaingan bisnis yang dihadapi saat ini semakin kompleks, kondisi persaingan

yang lebih agresif dan perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat

menuntut langkah bisnis makin cepat. Ekonomi duniapun saat ini memasuki era

knowledge-based economy

knowledge

daya pengetahuan, ide dan kreativitas. Perkembangan teknologi khususnya

teknologi informasi membuat pekerja yang berpendidikan dan berkeahlian menjadi

semakin bernilai.. Berkaitan dengan faktor ekternal sebuah perusahaan tersebut,

knowledge dalam sebuah perusahaan menjadi semakin penting

diknowledge-based economy

Aset knowledge pada zaman persaingan seperti saat ini semakin diperlukan akibat

makin cepat dan derasnya arus informasi. Sebuah perusahaan pasti memiliki asset

knowledge, namun pada kenyataannya asset knowledge ini tidak digunakan secara

maksimal dikarenakan organisasi tidak memiliki system untuk mengelola knowledge

tersebut

Knowledge managementmerupakan kegiatan organisasi dalam mengelola

pengetahuan sebagai aset, dimana dalam berbagai strateginya ada penyaluran

pengetahuan yang tepat kepada orang yang tepat dan dalam waktu yang cepat,

hingga mereka bisa saling berinteraksi, berbagi pengetahuan dan

mengaplikasikannya dalam pekerjaan sehari-hari demi peningkatan kinerja

organisasi. Knowledge management

perusahaan, melainkan merupakan metode agar perusahaan selalu mempunyai

energy untuk melakukan kreasi dan inovasi dalam waktu yang cepat sehingga

perusahaan dapat mempertahankan daya hidupnya.knowledge management

merupakan system yang dibuat untuk menciptakan , mendokumentasikan,

menggolongkan dan menyebarkan knowledge dalam organisasi sehingga knowledge

mudah digunakan kapanpun diperlukan, oleh siapa saja sesuai dengan tingkat

knowledge management

(KM) atau manajemen pengetahuan. Knowledge management atau sering disingkat

KM sendiri sejatinya dapat diartikan sebagai sebuah tindakan sistematis untuk

mengidentifikasi, mendokumentasikan, dan mendistribusikan segenap jejak

pengetahuan yang relevan kepada setiap anggota organisasi tersebut, dengan

Knowledge management

sebuah organisasi merupakan sistem dalam sebuah perusahaan yang saling terkait

Knowledge management

menyediakan mekanisme bagi penggunanya untuk memberikan masukan mengenai

Kata Kunci : Knowlwdge Management

bidang

EKONOMI