< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16

Page 10 of 16
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.11 No. 1

50

H a l a m a n

wilayah tertentu, sedangkan untuk ruas

jalan tinjauan dilakukan secara individual

ruas per ruas. Dalam SPM jaringan jalan

terdapat tiga aspek bidang pelayanan, yaitu

aspek aksesibilitas, aspek mobilitas, dan

aspek kecelakaan. Sedangkan untuk ruas

jalan (individu) standar pelayanan minimal

terdiri atas dua bidang, yaitu kondisi jalan

(secara fisik) dan kondisi pelayanan jalan

(operasional).

Aspek

aksesibilitas

terkait

dengan

kemudahan suatu wilayah untuk dijangkau

melalui jaringan jalan yang ada. Dalam

pengertian tersebut, maka satuan indikator

tersebut adalah proporsi antara panjang

jalan yang disediakan dengan luasan

wilayah daratan yang harus dilayani atau

secara dimensional dipresentasikan sebagai

km/km

2

. Besarnya nilai aspek aksesibilitas,

atau

lebih

dikenal

sebagai

indeks

aksesibilitas,

divariasikan

berdasarkan

Mohamad Donie Aulia, ST., MT

Gambar 2. Sistem Jaringan Jalan Sekunder