< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16

Page 14 of 16
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.11 No. 1

54

H a l a m a n

Luas wilayah x Indeks Aksesibilitas =

35.7176 x 5 > 178.59 km

Perhitungan Indeks Mobilitas

 Proyeksi PDRB untuk tahun 2011

(asumsi pertumbuhan ekonomi 5%) = Rp

9,971,766 (Tinggi > 5), sehingga Indeks

Mobilitas: > 2

 Proyeksi PDRB untuk tahun 2027

(asumsi pertumbuhan ekonomi 5%) = Rp

21.767.137 (Sangat tinggi > 10), se-

hingga Indeks Mobilitas: > 5

Tahun 2011

duduk = 70,282/154 = 0.579 (<2),

tidak memenuhi

Jumlah Panjang jalan untuk memenuhi

SPM:

jumlah per 1000 penduduk x Indeks

Aksesibilitas

= 154 x 2 > 308 km

Tahun 2027

duduk = 70,282/331= 0.269 (<5),

tidak memenuhi

Jumlah Panjang jalan untuk memenuhi

SPM:

jumlah per 1000 penduduk x Indeks

Aksesibilitas

= 331 x 5> 1655 km (tidak memung-

kinkan)

Sebagai acuan desain, maka diambil pan-

jang jaringan jalan sebesar 310 km, men-

gacu kepada SPM indeks mobilitas tahun

2011.

 Jalan Eksisting: 89.20 km,

 Jalan Rencana

 Arteri Sekunder: 12.61 km,

 Kolektor Sekunder 31.82km,

 Lokal Waduk 6.23 km,

 Lokal Sekunder: 88.75 km

TOTAL: 133.18 km

Panjang Total Jaringan Jalan: 222.38 km

Defisit panjang jalan untuk mencapai SPM

indeks mobilitas 2011: 310 – 222.38 =

87.6 km (Jalan Lokal)

Analisis kebutuhan jalan untuk wilayah Kota

Baru Tegalluar:

 Jangka Pendek (5 tahun pertama): pe-

menuhan SPM indeks aksesibilitas

Target: Total Panjang Jaringan Jalan

>178.59 km

Peningkatan Lokal Eksisting – Arteri Se-

kunder: 2.62 km

Peningkatan Lokal Eksisting – Kolektor

Sekunder: 16.29 km

Pembangunan Arteri Sekunder: 10.68

km

Pembangunan Kolektor Sekunder: 27.91

km

 Jangka Menengah I (5 tahun kedua):

pemenuhan SPM indeks aksesibilitas

Target: Total Panjang Jaringan Jalan

>178.59 km

Kelanjutan pembangunan arteri dan

kolektor sekunder

Pembangunan Jalan Lokal Waduk: 6.23

km

 Jangka Menengah II (5 tahun ketiga):

pemenuhan SPM indeks mobilitas

Target: Total Panjang Jaringan Jalan =

310 km

Pembangunan Lokal Sekunder: 88.75

km

Peningkatan

 Jangka Panjang (5 tahun keempat): pe-

menuhan SPM indeks aksesibilitas untuk

tahun 2027, penambahan jalan lingkun-

gan oleh pihak swasta

Target: Total Panjang Jaringan Jalan

>178.59 km

Kelanjutan pembangunan arteri dan

kolektor sekunder

Pembangunan Jalan Lokal Waduk: 6.23

km

Kesimpulan

Dari hasil analisa didapat untuk kawasan

Kota Baru Tegalluar membutuhkan panjang

jalan 87.6 km (2011) dan lebih dari

178,59 km (2027).

Mohamad Donie Aulia, ST., MT