< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6

Page 5 of 6
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.11 No. 2

198

H a l a m a n

ACC Z, dimana dapat terlihat putaran diberi-

kan secara perlahan kemudian secara ber-

tahap kecepatan ditambahkan kemudian

diturunkan kembali. Setelah itu putaran

kembali dipercepat kemudian diturunkan

kembali kecepatan putarannya. Pada ACC Z

terlihat mendapat percepatan negatif. Hal

ini dikarenakan posisi positif sumbu Z

membelakangi poros putaran. Sehingga

ketika putaran dilakukan, sumbu Z akan

mendapatkan

gaya

sentripetal

yang

mengakibatkan

sumbu

Z

mendapat

percepatan negatif.

Uji G-Shock

Pada saat pengujian dilakukan

payload akan diberi hentakan sebanyak 3

kali dari arah sumbu Z. Berikut grafik dari

hasil uji G-shock:

Gambar 7. Grafik Percepatan Uji G-Shock

Berdasarkan data grafik di atas ACC

Z bernilai negatif, namun dalam kondisi nor-

mal ACC Z akan bernilai positif karena men-

dapatkan percepatan dari hentakan arah

positif yang diterima. Namun karena desain

dari alat uji yang dibuat memiliki ujung besi

yang menempel dengan alas besi. Maka

pada saat ada hentakan dari arah sumbu Z,

maka hentakan tersebut membuat ujung

besi berbenturan dan berbalik mendorong

payload dari arah sumbu Z negatif. Oleh

karena itu nilai percepatan pada sumbu Z

range

Uji Vibrasi

Pada pengujian ini payload di goyang

pada sumbu Z, ke arah positif maupun

negatif dari perlahan hingga cepat dengan

tangan. Begitu juga pada sumbu Y dan

sumbu Z. Berikut grafik dari hasil uji vibrasi:

Gambar 8. Grafik Percepatan Uji Vibrasi

Berdasarkan data grafik di atas dapat

di lihat ada bahwa vibrasi pertama diberikan

pada sumbu Z, hal ini terlihat dari data per-

cepatan pada ACC Z yang dominan dari

sumbu yang lain. Setelah itu vibrasi di beri-

kan pada sumbu Y, hal ini di sebabkan data

ACC Y yang lebih dominan dibandingkan

data ACC X dan ACC Z. Vibrasi ketiga diberi-

kan ke sumbu X, hal ini terlihat dari domi-

nasi percepatan yang dimiliki oleh ACC X

dibandingkan dengan ACC Y dan ACC Z.

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Setelah melakukan penelitian dan

pengujian pada sistem/alat yang dibuat,

maka dapat diambil beberapa kesimpuln

dari hasil pengujian yang dilakukan.

1.

Berdasarkan data hasil percobaan Uji

Coba Daya Pancar Modul YS-1020UB

radio frekuensi yang dilakukan. Ko-

munikasi

dengan

menggunakan

modul RF YS-1020UB dalam kondisi

tanpa halangan dapat dilakukan den-

gan baik, tanpa ada data tersendat

hingga

mencapai

650

meter.

Sedangkan

untuk

kondisi

ada

penghalang mampu dilakukan tanpa

ada data tersendat hingga mencapai

400 meter. Dengan demikian modul

radio frekuensi YS-1020UB terbukti

cocok digunakan untuk komunikasi

line of sight

Bobi Kurniawan, ST., M.Kom