< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12

Page 10 of 12
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.12 No. 1

34

H a l a m a n

dihadapi yaitu antrian yang cukup panjang.

Shift

shift

22.00-06.00 WIB, dengan jumlah gardu

yang aktif sebanyak 8 gardu dan utilitas

yang diperoleh sebesar 7.403% hal ini da-

pat diartikan bahwa performansi kerja sis-

tem masih kurang baik. Namun jika untuk

meningkatkan utilitas maka jumlah gardu

bisa dikurangi namun ada kendala yang

dihadapi yaitu antrian yang cukup panjang.

Analisis Untuk Perbaikan Peningkatan

Kinerja Gerbang Tol

Untuk meningkatkan kinerja ger-

bang tol Pasteurada dua alternatif yang dila-

kukan yaitu jumlah gardu tol dan alternatif

kedua adalah waktu pelayanan. Berikut

adalah analisis alternatif untuk meningkat-

kan kinerja gerbang tol Pasteur.

Alternatif 1 Jumlah Gardu Tol Pasteur

Untuk alternative 1 ini, proses per-

baikan kinerja dilihat dari penambahan

gardu tol yang ada di pintu Tol Pasteur. Jum-

lah gardu tol yang diusulkan untuk ditam-

bahkan adalah berjumlah 2 unit sehingga

total terdapat 10 unit gardu tol (pada shift !

dan II) yang dioperasikan pada pintu Tol

Pasteur ini. Sedangkan untuk shift III, jum-

lah gardu tol nya dikurangi menjadi 2 unit.

Hasil perbaikannya dapat dilihat pada tabel

4 berikut ini.

Tabel 4. Alternatif 1 usulan perbaikan

Dari Tabel 4 diatas, kita dapat melihat

bahwa dengan menggunakan gardu seban-

yak 10 gardu pada saat jam kerja yang ter-

shift, shift

shift

gardu dari 8 (delapan) gardu dikurangi men-

shift

shift

diperoleh sebesar 27.25% sedangkan saat

shift

29.61% dengan mengurangi menjadi 2

gardu.

Alternatif 2 Waktu Pelayanan Kendaraan

Untuk alternative 2 ini membutuhkan per-

anan operator yang cukup signifikan. Untuk

dapat meningkatkan pelayanan kepada kon-

sumen, maka waktu pelayanan operator

harus dapat ditingkatkan. Ada beberapa

cara yang dapat dilakukan untuk memper-

cepat waktu pelayanan operator yang ada di

gardu tol, diantaranya :

 Memberikan pelatihan terhadap opera-

tor hal ini dilakukan agar kecepatan

waktu melayani lebih terlatih dan lebih

professional.

 Memberikan jalur khusus untuk uang

pas sehingga tidak memakan waktu

yang lebih lama.

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Adapun kesimpulan yang didapatkan dalam

penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Gerbang Tol Pasteur merupakan salah

satu gerbang tol yang dapat dikategori-

kan padat yang ada di kota Bandung,

karena merupakan pintu akses para

wisatawan yang akan masuk ke kota

Bandung.

2. Berdasarkan ukuran performansi dari

antrian yang ada, diperoleh tingkat utili-

tas masih termasuk rendah untuk se-

buah system antrian.

3. Kondisi kepadatan di gerbang Tol Pas-

teur juga disebabkan oleh tata letak ger-

bang tol yang kurang strategis, dimana

jarak antara gerbang tol dengan lampu

lalu lintas yang ada di perempatan Pas-

teur masih termasuk kategori dekat se-

I Made Aryantha Anthara

No

Shift

Jumlah

gardu

Tingkat utilitas

(%)

1

I

10

30.56

2

II

10

27.25

3

III

2

29.61