< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12

Page 8 of 12
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.12 No. 1

32

H a l a m a n

E(T

1

)=

Tandem

tandem

dua kendaraan bergerak pada dua gerbang

tol yang beruntun secara seri depan be-

lakang dan setiap pengumpulan tol akan

melakukan transaksi tol masing-masing

satu kendaran pada waktu masuk kenda-

raan yang sama

Yang perlu diperhitungkan pada sistem ini,

jika transaksi pada gerbang tol B lebih lama

daripada di gerbang tol A, maka pertamba-

han waktu menunggu dalam antrian untuk

gerbang A bertambah lebih lama, apabila

trailer

pada gerbang B akan menghalang kenda-

raan lain yang akan melakukan transaksi

pada gerbang A. untuk mengatasi hal ini

maka sebaiknya diberi suatu daerah

penghalang dengan jarak sekitar 20 meter

dari gerbang yang satu ke gerbang yang

lain.

Dengan adanya daerah penghalang dengan

jarak 20 meter, jika ada kelambatan waktu

palayanan pada gerbang B, maka semen-

tara itu di gerbang A dapat dilayani dan ken-

daraan, kemudian tiga kendaraan tadi bias

keluar dari gerbang secara bersamaan. Juga

trailer

melakukan digerbang B, karena jarak 20

meter tetap akan memberikan ruang untuk

kendaraan lain antri dibelakangnya untuk

melakukan transaksi. Prosedur pada sistem

tandem

single

dilayani dua sampai tiga kendaraan seka-

ligus, baru kemudian meneruskan per-

jalanan.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Tingkat kedatangan kendaraan

Untuk dapat menentukan tingkat kedatan-

gan kendaraan yang masuk ke dalam ger-

bang tol pada setiap shiftnya, maka terlebih

dibutuhkan jumlah kedatangan yang masuk

setiap hari pada tiap shiftnya. Berdasarkan

pengamatan dan pengolahan data dari jum-

lah kedatangan mobil di 10 gardu tol tiap

shitnya diperoleh hasil rata-rata kedatangan

kendaraan pada tiap shifnya dapat dilihat

pada tabel 1 berikut ini.

Tabel 1 Tingkat kedatangan kendaraan tiap

shift

Tingkat pelayanan kendaraan

Tingkat pelayanan kendaraan menyatakan

berapa banyak unit mobil yang dapat di-

layani oleh setiap gardu yang ada pada tiap

I Made Aryantha Anthara

(7)

..........

1

λ

λ/

)

E(n

t

Gate B

Gate A

20 meter

Tandem

No

Shift

Tingkat kedatangan

(unit/jam)

1

I

1739

2

II

1551

3

III

337