Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8

Page 1 of 8
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.12 No. 1

85

H a l a m a n

REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK

TERHADAP RENTANG WAKTU PENYELESAIAN AUDIT

Dr. ELY SUHAYATI SE.,M.Si.,Ak

Program Studi Akuntansi– FE

Universitas Komputer Indonesia

Informasi keuangan yang lambat dapat dijadikan sebagai sinyal yang buruk

bagi investor sebagai salah satu dasar bagi pengambilan keputusan, bagaimana

dengan Kantor Akuntan Publik besar yang telah memiliki nama dan reputasi

baik, dimana saat ini terdapat penilaian skeptis dari publik bahwa KAP besar

belum tentu dapat menjamin laporan keuangan yang diaudit tepat waktu, oleh

karena itu penulis dalam penelitian ini merumuskan permasalahan seberapa

besar pengaruh reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap rentang waktu

penyelesaian audit pada Kantor Akuntan Publik di wilayah Bandung, metode

yang digunakan deskriptif dan verifikatif, adapun hasil penelitian ini adalah Re-

putasi KAP berpengaruh terhadap rentang waktu penyelesaian audit pada Kan-

tor Akuntan Publik di Wilayah Bandung sebesar 4,552, dimana reputasi KAP

yang semakin baik atau besar membuat rentang waktu penyelesaian audit pada

Kantor Akuntan Publik di Wilayah Bandung pun akan menjadi lebih optimal. Hal

ini didukung dengan jurnal penelitian dari Cameron (2005) yang melakukan

penelitian menunjukan bahwa Reputasi Kantor Akuntan Publik berpengaruh

terhadap rentang waktu penyelesaian audit sesuai jadwal

.

KAP yang tergolong

dalam reputasi baik misalnya ukuran kap besar dianggap dapat melaksanakan

audit secara lebih efisien dan memiliki tingkat fleksibilitas jadwal waktu yang

lebih tinggi untuk menyelesaikan audit tepat pada waktunya

Keywords : Reputasi Kantor Akuntan Publik dan Rentang Waktu penyelesaian

Audit

PENDAHULUAN

Lambatnya informasi keuangan audi-

tan akan menimbulkan reaksi negatif dari

para investor karena laporan keuangan

auditan merupakan sebagai salah satu

dasar pengambilan keputusan, secara tidak

langsung juga diartikan oleh investor seba-

gai pertanda (signal) yang buruk bagi peru-

sahaan (Yuliana dan Hery, 2009). Menurut

Halim (2003) ketepatan waktu penerbitan

laporan keuangan auditan merupakan hal

yang sangat penting bagi perusahaan.

Di kalangan masyarakat, Reputasi

Kantor Akuntan Publik dapat diproksi den-

gan ukuran Kantor Akuntan publik (Krishan

& Schauer, 2001). Krishnan dan Schauer

(2001) mengklasifikasikan KAP berskala

the big four

firm,

the big four

firmet al

KAP berskala besar adalah KAP yang sudah

dikenal internasional dimana menyediakan

jasa audit yang lebih berkualitas daripada

KAP berskala kecil. Gray dan Manson

(2005) menyatakan bahwa KAP berskala

besar cenderung lebih independen. Pern-

yataan tersebut mendukung pernyataan

big six audit

bidang

EKONOMI