Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16

Page 1 of 16
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.12 No. 2

135

H a l a m a n

KAJIAN MULTIMEDIA INTERAKTIF & MOTIVASI BERMAIN GAME FARMVILLE-2

PADA SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK

DENI ALBAR, WIRA MAHARDIKA

Program Studi Disain Komunikasi Visual– Fakultas Disain

Universitas Komputer Indonesia

Facebook

salah satu media jejaring sosial yang cukup dikenal luas di Indonesia. Dalam

FacebookgameFarmVille-2

Game FarmVille-2 merupakan sekuel lanjutan dari Game pendahulunya, yakni

game

gameFacebook

membedakan game FarmVille-2 dan FarmVille adalah bentuk 2D dan 3D. Pada

FarmVille

membuat para pemainnya memiliki perkebunan khayalan yang secara disadari

game

Seringkali pemain ketagihan dan lupa waktu akan waktu didunia nyata karena

terlarut dalam game. Berdasarkan kejadian-kejadian yang ada, merupakan hal

FarmVille

mengidentifikasinya untuk mendapatkan motivasi & keinteraktifan dari game.

Penelitian

ini

menggunakan

pendekatan

phenomenology

dengan

gameFarmVille-2

pengalamannya melalui wawancara mendalam. Pernyataan informan di analisis

dengan teori game, teori pengalaman pemain dan teori motivasi bermain. Hasil

dari penelitian menunjukan kecenderungan pengalaman interaksi pemain yang

terkait dengan motivasi, tujuan, peleburan total, grafis serta acara tematik yang

FarmVille-2immersivitasgame

media sosial, dapat terjadi melalui dorongan untuk mengejar rasa senang yang

diikuti rasa takut, dan ditandakan melalui aturan main serta objek-objek visual

dalam waktu tertentu.

FenomenaMotivasi, FarmVille-2

PENDAHULUAN

Internet

pada

masa

sekarang

ini

merupakan suatu kebutuhan yang tidak

bisa diabaikan bagi kelangan tertentu.

Menurut Nguyen (2011) dalam situs

comscore.com,

online

menyatakan bahwa Indonesia berada di

urutan teratas dalam hal peningkatan

pengguna internet untuk kawasan Asia

Tenggara pada tahun 2010 dengan

penetrasi situs jejaring sosial di Indonesia

mencapai persentase tertinggi sampai 90%.

Contoh situs berbasis media sosial seperti

Facebook

YouTube

yang cukup populer yang terdapat dalam

bidang

DISAIN