< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16

Page 10 of 16
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.12 No. 2

144

H a l a m a n

Dengan demikian dalam mendeskripsikan

data pernyataan juga terdapat interpretasi

terhadap pernyataan yang disampaikan

oleh informan. Creswell, Hanson dan

Morales (2007:255), menyatakan tahap

yang dilakuan setelah mengelompokan data

berupa pernyataan-pernyataan yang sama

dalam unit bermakna, maka selanjutnya

adalah membangun deskripsi tekstural (apa

yang terjadi) dan membangun deskripsi

struktural (bagaimana peristiwa itu dialami)

dalam pengalaman pemain.

Adapun unit-unit yang bermakna dan telah

diklasifikasikan sebelumnya yaitu; motivasi

bermain;

tingkat

peleburan

total

immersivitas

objek

pembentuk

keinteraktifan.

Pernyataan-pernyataan

bermakna tersebut dapat di interpretasi

menggunakan teori game; teori pengalaman

bermain dan teori motivasi. Berikut

penjelasan

mengenai

kecenderungan

pernyataan-pernyataan informan;

Motivasi Bermain

Berbagai aktivitas yang dilakukan informan

seperti berkebun, berternak, maupun

mendekorasi merupakan aktivitas yang

sering dilakukan pemain dan termotivasi

oleh sesuatu. Berbagai pernyataan informan

mengenai motivasi awal dalam bermain

game FarmVille

Achievement Social Immersivitas

Motives.

game FarmVille-2

escapism

Deni Albar, Wira Mahardika

Theory of Achievement Social Immersivitas Motives

Motivasi

Pencapaian

Achievement

Motivasi Sosial

Social

Motivasi Peleburan

Immersivitas

K

e

m

a

j

u

a

n

M

e

k

a

n

i

k

K

o

m

p

e

t

i

s

i

S

o

s

i

a

l

i

s

a

s

i

H

u

b

u

n

g

a

n

K

e

r

j

a

T

i

m

P

e

n

e

m

u

a

n

P

e

r

a

n

B

e

r

m

a

i

n

K

u

s

t

o

m

i

s

a

s

i

P

e

l

a

r

i

a

n

Pemain

Pernyataan

1 (L)

Lebih pada banyak

teman yang main

2 (P)

Menungu & mengisi

waktu luang

3 (P)

Senang seperti punya

sesuatu yang lain

Tabel 1. Motivasi bermain Farmville-2

Teori

Informan