< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16

Page 11 of 16
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.12 No. 2

145

H a l a m a n

Immersivitas

Aktivitas berkebun merupakan aktivitas

yang cenderung sering dilakukan oleh

pemain. Berbagai pernyataan informan

immersivitas

yang dialami, maka pernyataan tersebut

dapat di analisis melalui teori pengalaman

immersivitas

FarmVille-2

goals

Keinteraktifan

Unsur pembentuk keinteraktifan dalam

game FarmVille-2 dapat dilihat dari unsur

pembentuk game menggunakan teori game.

Dari kecenderungan pernyataan informan,

maka dapat di analisis seperti pada Tabel 3.

Kecenderungan pemain lebih tertarik pada

gameplay

FarmVille-2.

2 mampu membuat pemain bertahan lama

dalam

memainkan

game.

Hal

ini

menyebabkan tingkat interaktif dalam cara

bermain dapat diinterpretasikan lebih tinggi

dibandung unsur game yang lain.

Apabila hasil keseluruhan analisis disatukan

dalam bentuk hubungan teori-teori yang

digunakan, maka dapat dikatakan bahwa

kecenderungan motivasi dalam bermain

adalah

motivasi

peleburan

total

immersivitas

goalsemotions

graphics

gameplay

Deni Albar, Wira Mahardika

Teori

Informan

Teori Pengalaman Pemain

Tujuan

Emosi

Diri

Sendiri

& Pihak

Lain

K

e

p

u

a

s

a

n

K

e

n

i

k

m

a

t

a

n

P

e

n

c

a

p

a

i

a

n

K

e

t

a

h

a

n

a

n

K

r

i

s

i

s

I

n

s

t

r

u

m

e

n

t

a

l

D

e

l

t

a

K

e

b

a

h

a

g

i

a

a

n

K

e

s

e

d

i

h

a

n

K

e

t

a

k

u

t

a

n

K

e

m

a

r

a

h

a

n

K

e

m

u

a

k

a

n

K

e

r

j

a

S

a

m

a

L

a

w

a

n

Pemain

Pernyataan

1 (L)

Media pengingat

untuk bermain

2 (P)

Naik level

3 (P)

Senang akan objek

yang dimiliki

FarmVille-2