< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16

Page 2 of 16
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.12 No. 2

136

H a l a m a n

jaringan internet. Menurut Boyd (2007),

situs jejaring sosial adalah situs berbasis

pelayanan yang memungkinkan individu

untuk membangun sebuah profil publik atau

semi

publik,

berkomunikasi

dengan

pengguna lain yang saling terkoneksi, dan

melihat serta menjelajah daftar koneksinya

yang dibentuk pengguna lain dalam sistem.

Facebook

terbaik untuk tahun 2011, diikuti oleh

MySpaceBebo

urutan ketiga, hal ini dilansir dalam situs

toptenreview.com

di urutan kedua terbanyak setelah Amerika

Serikat dalam hal jumlah terbanyak

Facebook

Facebook

tahun sampai dengan 24 tahun, dilansir

Facebook Marketing Statistics

Dengan demikian, pengunaan internet di

Indonesia khususnya Facebook, tidak dapat

dianggap remeh. Pengguna internet di

Indonesia telah banyak beraktivitas dalam

dunia maya. Aktivitas dalam dunia maya

tidak hanya sekedar pencarian data, bisnis

e-commerce atau transaksi biasa. Aktivitas

di dunia maya telah melibatkan unsur sosial

sehari-hari seperti bermain.

Facebook

terdapat aplikasi pihak ketiga. Menurut

Hendroyono (2009:79), aplikasi pihak

Facebook

mencapai lebih dari 7.000 program. Dari

sekian jenis aplikasi yang ada seperti

aplikasi bisnis dan kuis, diantaranya

gamegame

Facebook

sebagai hiburan semata, melainkan juga

sebagai

media

bersosialisasi.

Game

merupakan istilah yang lazim terdengar

game

umumnya digunakan untuk merujuk pada

permainan elektronik seperti permainan

PC games

konsol

Playstation,

Nintendo

dan

sebagainya).

Kajian terkait game tidak untuk dipandang

sebelah mata. Menurut Jonas Smith (2001)

dalam Newman (2004:5), menyatakan

Deni Albar, Wira Mahardika

Facebook

Sumber : http://www.blogcdn.com/blog.games.com/media/2010/09/facebook-

games.jpg (18/03/2014)