< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16

Page 3 of 16
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.12 No. 2

137

H a l a m a n

game

sering terlupakan, diduga ada dua

kemungkinan yang menyebabkan hal

game

sebagai media untuk anak-anak yang

seiring waktu akan tumbuh dan tidak

membutuhkan telaah lebih lanjut. Kedua,

game

secara tidak seimbang sering dibandingkan

game

dipandang sebelah mata untuk dikaji.

Padahal, menurut Newman (2004:3),

game

game

popularitas

dari

game

dan

game

human-computer

interaction

pengkajian tentang game merupakan suatu

hal yang perlu dan penting dilakukan.

game

Facebook

konten sistem dan visual yang disajikan

Game

Facebookgame

single playermultiplayer

Facebook

applications do in fact fulfil the definition of

‘games’, then it is usually as ‘casual game’,

a particular kind of games performed online

that is, among other thing”.

gameFacebook

gameFacebook

pesat dan sukses menjadi fenomena sosial

di masyarakat. Seperti yang diungkapkan

oleh Raessens dalam Rao (2008) bahwa

Facebook applications, media phenomena

difficult to define as ‘games’ or ‘play’, that

carry a large share in the responsibility for

social interaction within social networks

FarmVilleFarmVille-2game

dengan tema simulasi berkebun yang

Facebook

gameFacebook

vivanews.comgame

terpopuler

dalam

Facebook

adalah

FarmVille

pengguna dan menjadi fenomena tersendiri

gameFacebookGame

FarmVille

Facebook

dilansir oleh Tomuse (2010). Pengalaman

gameFarmVille

fenomena di masyarakat. Dalam beberapa

game

FarmVille

menuliskan

mengenai

persentase

konsumerisme pembelian objek-objek yang

game

secara berlebihan melalui kartu kredit.

Konsumerisme melalui penggunaan kartu

kredit yang melonjak akibat permainan

onlineFarmVille

okezone.comFarmVille

terdapat fitur transaksi penukaran mata

FarmCash

FarmCoin

FarmCashFarmCoin

gameFarmVille

yang digunakan untuk membeli berbagai

items/objects

dalam permainan.

Game

FarmVille-2

memiliki

tingkat

immersivitas

pemainnya terlarut dalam permainan dalam

game

dunia nyata. Beberapa pengalaman bermain

gameFarmVille

Amerika Serikat, terjadi kasus orang tua

menghilangkan nyawa anaknya karena

terlalu larut dalam

peleburan total

immersivitas

permainan

sehingga

menelantarkan anaknya, tercantum dalam

lintasberita.com

adanya fenomena atau fakta yang ada dan

game FarmVille-2

maka muncul beberapa pertanyaan yang

belum terjawab yaitu; Hal apa yang memacu

game FarmVille-2

pengalaman pemain selama memainkan

game

FarmVille-2

game

FarmVille

(2005:15) yang menyatakan “Selain karena

adanya kesenjangan antara kenyataan dan

Deni Albar, Wira Mahardika