< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16

Page 5 of 16
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.12 No. 2

139

H a l a m a n

“Pengalaman serta motivasi apa yang

game FarmVille

game FarmVille

interaksi visual apa yang terdapat di dalam

pengalaman tersebut ?”

Penelitian ini dapat bermanfaat dalam

beberapa hal. Adapun manfaat dari

penelitian ini adalah sebagai berikut:

 Hasil

penelitian

berguna

dalam

melengkapi gambaran desain interaksi,

game

jejaring sosial baik untuk dunia

akademis maupun untuk dunia industri

gamedevelopergame.

 Hasil penelitian dapat menjadi masukan

game

game

 Memberikan kontribusi penting terhadap

kajian desain interaksi antara manusia

dengan komputer yang menjadi kajian

dalam

human-computer

interaction

sehingga hasil penelitian dapat dijadikan

sebagai salah satu bahan rujukan dalam

METODE

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian

kualitatif dengan mendeskripsikan secara

sistematis

dan

terperinci

fenomena

game

FarmVille

riset dilakukan dengan studi kasus

Facebook

Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Hal ini

dilandasi berdasarkan pemikiran bahwa

Bandung merupakan salah satu kota besar

di Indonesia yang memiliki cukup banyak

FacebookFacebook

Bandung mencapai persentase tinggi dari

seluruh pengguna di Indonesia dan menjadi

kota kedua terbanyak setelah Jakarta,

pilihponsel.com

(2011). Adapun alasan lain memilih

Bandung

yaitu

mengacu

pernyataan

Sugiyono (2010:11) yang menyatakan

human instrument

harus berinteraksi dengan sumber data

sehingga harus mengenal betul sumber

data dan wilayah yang ditelitinya.

Pendekatan

yang

digunakan

dalam

penelitian ini menggunakan pendekatan

The Oxland English

Dictionary

yang dimaksud dengan fenomenologi

(a) the science of phenomena as

distinct from being (ontology), (b) division of

any science which describes and classifies

its phenomena

sebagai suatu metode atau pendekatan

dalam penelitian ini dilandasi dari tujuan

penelitian guna menampakan sesuatu atau

menggali makna tersembunyi yang terjadi

dari suatu kejadian atau pengalaman terkait

gameFarmVille

Kenda (2010:55), “Kekuatan metode riset

fenomenologi terletak pada kemampuan

periset memasuki bidang persepsi orang

lain,

guna

memandang

kehidupan

sebagaimana dilihatnya”. Oleh karena itu

metode fenomenologi merupakan metode

yang tepat dalam mencapai tujuan

penelitian. Sebuah deskripsi fenomenologi

akan sangat dekat dengan kealamiahan

dari sesuatu dimana deskripsi akan

mempertahankan fenomena itu seperti apa

adanya, dan menonjolkan sifat alamiah dan

makna dibaliknya, Mudjiyanto dan Kenda

(2010:55).

Menurut van Manen (1990) dalam Creswell

Phenomenology is not only a

description but also an interpretative

process in which the researcher makes an

interpretation

Mengacu

pernyataan-

pernyataan di atas, maka dalam penelitian

fenomenologi ini tidak hanya berupa

deskripsi pengalaman dan prilaku yang

terjadi pada pemain saja, melainkan juga

terdapat interpretasi peneliti untuk dapat

menguraikan

makna

yang

terdapat

didalamnya.

Deni Albar, Wira Mahardika