< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16

Page 6 of 16
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.12 No. 2

140

H a l a m a n

Adapun

cabang

fenomenologi

yang

Realistic Phenomenology

yang menekankan pencarian menyeluruh

mengenai manusia ditinjau dari berbagai

objek, yang meliputi tindakan dan motifnya

serta nilai kepribadian atau makna bagi

pelakunya,

Mudjiyanto

dan

Kenda

(2010:55). Ada beberapa langkah dalam

metode fenomenologi. Langkah-langkah

yang dilakukan dalam penelitian terdiri dari

beberapa

tahap

seperti

apa

yang

dinyatakan Cresswell dalam Kuswarno

(2009), yaitu tahap perencanaan penelitian,

tahap pengumpulan data, tahap analisis

data dan tahap membuat kesimpulan.

Dalam tahap perencanaan penelitian,

langkah yang dilakukan adalah membuat

daftar atau acuan pertanyaan, memilih

informan dan telaah dokumen. Langkah

lainnya adalah menentukan informan,

dimana informan adalah mereka yang

terlibat langsung dalam situasi atau

kejadian yang berkaitan dengan topik

game

FarmVille

bahwa dalam penelitian fenomenologi

informan paling tidak berada dalam satu

lokasi atau wilayah yang sama. Langkah

berikutnya adalah studi pustaka dari

berbagai sumber seperti karya ilmiah,

jurnal, buku referensi, dan sumber lain

sebagainya. Pada tahap analisis data

penelitian fenomenologi menurut Creswell

(2007:255),

langkah

pertama

yang

dilakukan adalah mendeskripsikan secara

menyeluruh pengalaman dan merinci

pernyataan-pernyataan hasil wawancara,

pernyataan

kemudian

dikelompokkan

dalam unit-unit yang bermakna. Tahap

berikutnya setelah analisis data adalah

tahap simpulan dengan membuat ringkasan

dan ikhtisar dari keseluruhan penelitian.

Studi pustaka digunakan dalam penelitian

guna memperoleh data yang berhubungan

dengan penelitian baik buku maupun

pustaka penelitian sebelumnya. Studi

literatur yang berhubungan dengan kajian

game

teori. Pustaka digunakan sebagai dasar

dalam memberikan gambaran data

penelitian. Langkah yang dilakukan pada

saat

studi

pustaka

yakni

dengan

struktur

gameFarmVilleFacebook

dimana hasil interpretasi ini menjadi suatu

modal dalam menentukan parameter

analisis.

Adapun pustaka yang digunakan adalah

berupa buku, jurnal, penelitian dan sumber-

sumber dari internet yang berhubungan

dengan objek kajian. Teori yang digunakan

sebagai rujukan dalam penelitian ini

gameTheory of

Game

serta Oxland (2004) dan teori pengalaman

Theory of Player Experience

dikemukakan oleh Aki Jarvinen (2008).

game

mengidentifikasi struktur yang terdapat

gameFarmVille

gameFarmVille-2

digunakan

sebagai

rujukan

dalam

menentukan elemen-elemen atau struktur

dalam

game

FarmVille

yang

dapat

ditanyakan pada informan berhubungan

dengan

pengalaman-pengalaman

yang

dilaluinya.

Teori

pengalaman

pemain

Theory of Player Experience

untuk menentukan pengalaman apa yang

dapat ditanyakan pada informan sebagai

pemain, sehingga informasi yang diperoleh

dari informan dapat disinkronisasikan

dengan teori yang ada secara ilmiah. Dalam

studi pustaka juga digunakan teori

Achievement-Social-Immersivitas

Motives

yang dikemukakan Nick Yee (2006). Teori

Achievement-Social-Immersivitas

Motives

digunakan untuk menjadi rujukan dalam

menentukan jenis motivasi utama apa yang

game

FarmVille

berhubungan

dengan

Realistic

Phenomenology

yang

menekankan

pencarian universal manusia ditinjau dari

berbagai objek, yang meliputi tindakan dan

motivasinya.

Deni Albar, Wira Mahardika