Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8

Page 1 of 8
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.12 No. 2

187

H a l a m a n

PENERAPAN METODE PENUGASAN

DALAM PERKULIAHAN ALJABAR LINIER DAN MATRIKS

KANIA EVITA DEWI, EDNAWATI RAINARLI

Program Studi Teknik Informatika - Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Universitas Komputer Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan

perkuliahan Aljabar Linier dan Matriks dengan metode penugasan terhadap

peningkatan kemampuan berpikir nalar mahasiswa. Penelitian ini merupakan

penelitian eksperimen pretes-postes dengan kelas kontrol. Sampel penelitian

yang digunakan adalah dua kelas tingkat 2 di Prodi IF UNIKOM. Instrumen yang

digunakan dalam penelitian ini, yaitu: tes kemampuan berpikir nalar.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir nalar

mahasiswa yang mendapat perkuliahan aljabar linier dan matriks dengan

metode penugasan lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang mendapat

perkuliahan aljabar linier dan matriks biasa. Hal-hal yang mendukung dalam

perkuliahan ini adalah potensi nalar mahasiswa, mahasiswa terlibat aktif dalam

perkuliahan. Sedangkan hambatan dalam perkuliahan ini adalah waktu yang

kurang memadai dan lemahnya pemahaman konsep dan materi prasyarat

mahasiswa.

Berdasarkan hasil penelitian maka diajukan beberapa saran, yaitu:

Membuat diktat aljabar linear dimana didalam diktat tersebut tidak hanya berisi

materi yang akan disampaikan namun juga berisi langkah-langkah kegiatan

perkuliahan dengan menggunakan metode penugasan (bisa dalam bentuk

lembar kerja); Mengkaji kecocokan metode penugasan untuk materi yang

berbeda di Aljabar Linear dan Matrik; Melakukan eksperimen dengan

peer teaching

dapat digunakan pada kelas besar dan dengan karakteristik kemampuan

mahasiswa yang beragam.

Kata kunci: Pembelajaran matematika, metode penugasan, ruang eigen

PENDAHULUAN

Indonesia merupakan negara berkembang

yang menuntut adanya peningkatan

kualitas sumber daya manusia agar dapat

mensejajarkan dirinya dengan negara-

negara maju. Peningkatan sumber daya

manusia dapat dilakukan dengan adanya

pendidikan yang baik. Salah satu indikator

dari pendidikan yang baik adalah adanya

peningkatan kemampuan nalar peserta

didik.

Didalam kehidupan, daya nalar seseorang

sangat

dibutuhkan.

Baik

dalam

menyelesaikan masalah maupun untuk

bersosialisasi. Dengan daya nalar yang baik

seseorang dapat menentukan sesuatu baik

atau buruk dan dengan daya nalar pula

seseorang akan bekerja dengan

bidang

TEKNIK