< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8

Page 3 of 8
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.12 No. 2

189

H a l a m a n

tidak terlalu banyak. Memberikan tugas

y a n g

b e r l e b i h a n

t id a k

ak a n

menimbulkan sikap-sikap yang positif,

malah mungkin sebaliknya.

Agar metode penugasan dapat berlangsung

secara efektif, dosen perlu memperhatikan

langkah-langkah sebagai berikut :

1. Aturan tugas harus dijelaskan diawal

2. Tugas yang diberikan harus dapat

dipahami peserta didik, kapan

mengerjakannya, bagaimana cara

mengerjakannya, berapa lama tugas

tersebut harus dikerjakan, secara

individu atau kelompok, dan lain-lain.

3. Apabila tugas tersebut berupa tugas

kelompok, perlu diupayakan agar

seluruh anggota kelompok dapat terlibat

secara aktif dalam proses penyelesaian

tugas tersebut, terutama jika tugas

tersebut diselesaikan di luar kelas.

4. Perlu diupayakan dosen mengontrol

proses penyelesaian tugas yang

dikerjakan oleh mahasiswa.

5. Penilaian yang diberikan sebaiknya tidak

hanya menitikberatkan pada produk,

tetapi perlu dipertimbangkan pula

bagaimana proses penyelesaian tugas

tersebut. Penilaian hendaknya diberikan

secara langsung setelah tugas

diselesaikan, hal ini disamping akan

menimbulkan minat dan semangat

belajar mahasiswa, juga menghindarkan

bertumpuknya pekerjaan mahasiwa yang

harus diperiksa.

TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN

Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini

adalah: untuk mengetahui peningkatan

kemampuan daya nalar mahasiswa yang

memperoleh perkuliahan dengan metode

penugasaan dan mahasiswa yang

memperoleh perkuliahan ekspositori.

Manfaat

Adapun hasil penelitian ini dapat digunakan

oleh dosen pengampu mata kuliah Aljabar

Linear sebagai dasar penggunaan metode

penugasan dalam kegiatan perkuliahan.

METODE PENELITIAN

Teknik Pengumpulan Data

Didalam melakukan penelitian ini

dibutuhkan data-data pendukung seperti

informasi mengenai langkah-langkah

penggunaan metode penugasan, hasil

penilaian dari penggunaan metode

penugasan dan ekspositori dan lainnya.

Adapun teknik pengumpulan data yang

dilakukan pada penelitian ini adalah

sebagai berikut:

1. Observasi, yaitu mengamati secara

langsung proses perkuliahan yang

dilakukan dengan menggunakan metode

penugasan dan ekspositori serta

mengamati perubahan pemahaman

mahasiswa sebelum dan sesudah

diperkuliahan yang dilihat dari

perubahan tindakan mahasiswa.

2. Studi literatur, dilakukan dengan

mencari

pustaka-pustaka

yang

menunjang. Pustaka tersebut dapat

berupa buku-buku atau mencari

penjelasan melalui internet untuk

pemecahan masalah yang berkaitan

tentang materi Aljabar Linear dan

Matriks, teori mengenai metode

penugasan serta penjelasan mengenai

langkah-langkah pengujian hipotesis

dengan menggunakan perangkat lunak

SPSS.

3. Pretest dan Posttes, dilakukan dengan

cara pemberian seperangkat alat uji

kepada kelompok yang menerima

perkuliahan dengan metode penugasan

dan metode ekspositori, untuk

mengetahui pengaruh perkuliahan.

Kania Evita Dewi, Ednawati Rainarli