< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8

Page 8 of 8

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.12 No. 2

194

H a l a m a n

adalah:

1. Perkuliahan dengan metode penugasan

merupakan salah satu alternatif dalam

perkuliahan Aljabar Linier dan Matriks.

2. Perkuliahan Aljabar Linear dan Matriks

melibatkan mahasiswa secara aktif pada

proses perkuliahan, terutama dalam

perkuliahan dengan kelompok. Dalam

perkuliahan

dengan

kelompok

mahasiswa dapat saling menukar ide

dan pengembangan pemecahan

masalah yang dilakukan mahasiswa

tidak hanya satu.

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data dan

pengujian hipotesis, maka dapat ditarik

kesimpulan perkuliahan Aljabar linier dan

Matriks dengan metode penugasan dapat

meningkatkan kemampuan berpikir nalar

lebih baik dibandingkan perkuliahan Aljabar

Linear dengan menggunakan metode

ekspositori. Artinya perkuliahan Alajabar

Linier dan Matriks dengan metode

penugasan memberikan pengaruh terhadap

peningkatan kemampuan berpikir nalar dari

mahasiswa. Hal ini terlihat dari gain yang

diperoleh dari kelas eksperiemen sebesar

0,28.

Saran

Untuk pengembangan hasil penelitian ini

khususnya untuk mata kuliah Aljabar Linear

dapat dilakukan dengan cara:

1. Membuat diktat aljabar linear dimana

didalam diktat tersebut tidak hanya

berisi materi yang akan disampaikan

namun juga berisi langkah-langkah

k e g i at a n

p e r k u l i a h an

d e n g a n

menggunakan metode penugasan (bisa

dalam bentuk lembar kerja).

2. Mengkaji kecocokan metode penugasan

untuk materi yang berbeda di Aljabar

Linear dan Matrik.

3. Melakukan eksperimen dengan

menggunakan metode perkuliahan

peer teaching

yang dapat digunakan pada kelas besar

dan dengan karakteristik kemampuan

mahasiswa yang beragam.

DAFTAR PUSTAKA

http://file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/

MODEL_PERKULIAHAN_MATEMATIKA/

METODE__PERKULIAHAN__MATEMATIK

A,_BERMAIN__SAMBIL__BELAJAR.pdf

diakses pada 6 Oktober 2013 : 13.45

http://jurnaljpi.files.wordpress.com/

2009/09/vol-2-no-2-achmad-nizar.pdf

diakses pada 6 Oktober 2013: 14.00.

http://118.97.35.230/pustaka/download/

utu-rahim/PERBANDINGAN%20HASIL%

2 0 T E S % 2 0 K E T E R A M P I L A N %

2 0 P E N A L A R A N % 2 0 F O R M A L %

20MAHASISWA%20SEBELUM%20DAN%

20SESUDAH%20PERKULIAHAN.pdf

diakses pada 6 Oktober 2013: 14.00

http://file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/

MODEL_PERKULIAHAN_MATEMATIKA/

METODE_PERKULIAHAN_MATEMATIKA,

_ B ER M A IN _ S A MB IL _ B E L A J AR. p d f

diakses pada 6 Oktober 2013 : 14.00

Metoda Statistika

Bandung: Tarsito.

Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

SMP Melalui Model Perkuliahan

Kooperatif Tipe Team Assisted

Individualization (TAI).

FPMIPA UPI. Bandung: Tidak diterbitkan

Kania Evita Dewi, Ednawati Rainarli