Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6

Page 1 of 6
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.13 No. 2

137

H a l a m a n

UTILITAS PINTU TOL MASUK DAN PEKERJA PINTU TOL

MENGGUNAKAN SOFTWARE PROMODEL

(STUDI KASUS : PINTU TOL BUAH BATU BANDUNG)

AGUS RIYANTO, IYAN ANDRIANA, GABRIEL SIANTURI

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Universitas Komputer Indonesia

Peranan Jalan Tol untuk melayani jasa distribusi utama yang mempunyai

spesifikasi bebas hambatan agar dicapai tingkat efisiensi yang maksimal dalam

penggunaan sumber daya. Penting untuk menghitung utilitas gerbang tol

khususnya gerbang tol Buah Batu Kota Bandung. Untuk membuat simulasi

menggunakan software Promodel diperlukan data jumlah kendaraan, waktu

antar kedatangan kendaraan dan waktu pelayanan. Pola data jumlah ken-

daraan yang masuk gerbang tol Buah Batu berdasarkan hasil pengujian anova

berjenis dependen atau berkelompok dan tidak bervariasi serta menunjukan

pola yang sama pada tiap harinya. Pola distribusi waktu antar kedatangan

kendaraan di pintu tol masuk Buah Batu menggunakan bantuan Stat:Fit. Pola

data waktu antar kedatangan berdistribusi eksponensial dengan nilai mean

8,08 dan standar deviasi sebesar 7,89. Pola distribusi untuk waktu pelayanan di

pintu tol masuk buah batu menggunakan stat:Fit. Pola data waktu pelayanan

berdistribusi lognormal dengan nilai mean 12.45 dan standar deviasi 5.6. Ber-

dasarkan hasil utilitas didapatkan bahwa Utilitas pintu tol masuk 2 Buah Batu =

47,09 % dengan panjang antrian 5,29 %. Utilitas pintu tol masuk 4 Buah Batu =

65,86 % dengan panjang antrian 8,26 %. Utilitas pintu tol masuk 6 Buah Batu =

53,44 % dengan panjang antrian 6,34 %. Utilitas pintu tol masuk 8 Buah Batu =

66,54 % dengan panjang antrian 8,25 %. Utilitas pintu tol masuk 10 Buah Batu

= 38,99 % dengan panjang antrian 4,13 %. Dengan utilitas tersebut menun-

jukan bahwa perlu adanya pengurangan gerbang tol masuk buah batu agar utili-

tasnya meningkat. Tentunya dengan memperhatikan utilitas panjang antriannya

nanti.

Keywords : Promodel, StatFit dan Utilitas

PENDAHULUAN

Jalan Tol adalah jalan umum yang kepada

pemakainya dikenakan kewajiban mem-

bayar tol dan merupakan jalan alternatif

lintas jalan umum yang telah ada. Peranan

Jalan Tol Untuk melayani jasa distribusi uta-

ma yang mempunyai spesifikasi bebas

hambatan agar dicapai tingkat efisiensi

yang maksimal dalam penggunaan sumber

daya.

Penelitian sebelumnya saat ini masih

mengukur dari model antrian sehingga

perlu untuk mengukur utilitas dari gerbang

tol masuk Buah Batu menuju Kota

Bandung.

Untuk

membuat

simulasi

bidang

TEKNIK