Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16Page 17Page 18Page 19Page 20Page 21Page 22

Page 1 of 22
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.13 No. 2

143

H a l a m a n

MODEL PENGEMBANGAN ENTERPRISE

GOOD CORPORATE GOVERNANCE

KOTA EKONOMI KREATIF DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL

DI WILAYAH KOTA BANDUNG

SUPRIYATI, HERY DWI YULIANTO, APRIANI PUTI PURFINI

Program Studi Komputerisasi Akuntansi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Universitas Komputer Indonesia

Produk kreatif memiliki potensi besar untuk dapat mengantarkan kota yang

mempunyai industri tersebut menjadi kota ekonomi kreatif maju dan mandiri.

Pemanfaatan teknologi informasi untuk manajemen sumber daya usaha produk

keatif masih kurang terperhatikan, yang pada gilirannya terdapat kelemahan

administratif, finansial, proses, akses ke perbankan dan lembaga keuangan.

Tata kelola manajemen yang baik sering menjadi kendala dalam hal efisiensi

dan efektivitas bagi produk kreatif yang tidak efisien akan mendatangkan kom-

good

corporate governance

buhan produk kreatif. Dengan model pengembangan yang tepat akan dapat

menciptakan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan para pelaku usaha

kecil produk kreatif guna menciptakan enterpreneur muda mandiri, kreatif,

transparansi dan akuntabel yang pada gilirannya dapat membantu dalam upaya

menciptakan lapangan kerja dan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.

Dalam penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa pendekatan yaitu pendeka-

tan lapangan, pendekatan instansional dan pendekatan kepustakaan. Metode

penelitian menggunakan teori induktif karena berdasarkan dari fenomena yang

yang terjadi dan dirujuk kearah teori. Jenis data yang dikumpulkan untuk diana-

lisis terdiri atas data primer dan data sekunder. Penelitian ini diharapkan teri-

dentifikasinya jenis komoditi apa saja yang dimiliki UMKM produk kreatif sehing-

ga berpotensi ekspor atau menuju perdagangan internasional. Teridentifi-

value added

pada UMKM produk kreatif. Pemahaman, sikap dan perilaku pelaku industri

kreatif dalam mengembangkan usahanya menjadi optimal dan memiliki daya

saing dilihat dari sisi Investor.

Keywords : good corporate governance, UMKM produk kreatif, ekspor

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Ditengah Isu kenaikan Bahan Bakar Minyak

di Bulan November 2014 kemiskinan dan

pengangguran sampai saat ini masih

merupakan masalah pembangunan yang

paling besar memperoleh perhatian dari

pemerintah. Untuk Jawa Barat sendiri

tingkat perkembangan kemiskinan dapat

dilihat pada gambar 1.

bidang

TEKNIK