< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 5 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.13 No. 1

29

H a l a m a n

dua, yaitu :

1. Analisis Data Hasil Tes

Analisis hasil tes dilakukan untuk

mengetahui tingkat kemampuan dan

kesalahan mahasiswa dalam penggunaan

keigo.

Menghitung besarnya kemampuan maha-

siswa dalam penggunaan keigo dengan

langkah-langkah sebagai berikut :

Mengukur besarnya kemampuan tiap maha-

siswa per universitas dalam penggunaan

keigo.

N = Skor Tercapai x 100

Skor Ideal

Keterangan :

N = Nilai yang diperoleh responden

100 = Skala nilai 100

Mengukur nilai rata-rata mahasiswa per

universitas dengan rumus:

X = ∑N

r

Keterangan :

X = Rata-rata nilai

∑N = Jumlah nilai Keseluruhan

r = responden

Setelah hasil rata-rata per universitas

diketahui kemudian, lalu diinterpetasikan

sesuai standar nilai yang berlaku di

UNIKOM, sebagai berikut:

Tabel 1. Standar Nilai

(Buku Panduan UNIKOM, 2014)

Mengukur nilai rata-rata keseluruhan maha-

siswa dengan rumus :

x = x1 + x2 + x3 + x4 + x5

5

Keterangan :

X1 = rata-rata nilai universitas 1

X2 = rata-rata nilai universitas 2

X3 = rata-rata nilai universitas 3

X4 = rata-rata nilai universitas 4

X5 = rata-rata nilai universitas 5

Menghitung tingkat kesalahan mahasiswa

dalam penggunaan keigo.

Analisis hasil tes keigo terhadap subyek

penelitian dilakukan menggunakan pen-

dekatan metodologi analisis kesalahan.

Tarigan (1990:71) menyatakan bahwa ana-

lisis kesalahan sebagai suatu prosedur kerja

yang memiliki langkah-langkah tertentu,

diantaranya dalam penelitian ini sebagai

berikut :

1. Menghitung tingkat kesalahan

penggunaan sonkeigo, dengan rumus :

Jumlah total kesalahan dalam soal sonkeigo x100%

Jumlah responden x jumlah soal sonkeigo

2. Menghitung tingkat kesalahan

penggunaan kenjogo, dengan rumus :

Jumlah total kesalahan dalam soal kenjogo x100%

Jumlah responden x jumlah soal kenjogo

3. Mengintepretasikan besarnya tingkat

k es al ah an

m ah as is w a

d a lam

penggunaan keigo

4. Mengindentifikasi dan mengklasifikasi-

kan kesalahan penggunaan keigo oleh

mahasiswa sesuai batasan masalah

diatas.

5. Menyusun peringkat kesalahan, seperti

mengurutkan kesalahan berdasarkan

frekuensi atau keseringannya.

6. Menjelaskan kesalahan: menggam-

barkan letak kesalahan, penyebab

kesalahan, dan memberikan contoh

yang benar.

2. Analisis Data Angket

Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab

kesalahan mahasiswa dalam penggunaan

keigo melalui jawaban angket dengan

langkah sebagai berikut :

a. Mengkategorikan jawaban mahasiswa

berdasarkan skala berikut :

Fenny Febrianty, Pitri Haryanti, Soni Mulyawan Setiana

Nilai

Penafsiran

80-100

Sangat baik

68-79

Baik

56-67

Cukup

45-55

Kurang

0-44

Sangat Kurang