< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 8 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.13 No. 1

32

H a l a m a n

dalam perkuliahan;4) sebagian kecil maha-

siswa menginginkan agar disedia mata

kuliah khusus keigo; 5) sebagian kecil ma-

role play

model latihan keigo di kelas; 6) sebagian

kecil mahasiswa menginginkan agar per-

temuan yang membahas materi keigo di

kelas ditambah;7) sebagian kecil maha-

siswa menginginkan agar materi keigo yang

umumnya diajarkan di mata kuliah kaiwa

(percakapan) agar juga diselaraskan dan

disampaikan pada mata kuliah lainnya, sep-

erti dokkai dan chokkai; 8) sebagian kecil

mahasiswa menginginkan diberikan per-

bandingan dengan ragam bahasa ibu

(bahasa Sunda) yang juga memiliki ragam

hampir serupa dengan keigo, untuk mem-

permudah pemahaman;9) sebagian kecil

mengingikan agar keigo diajarkan langsung

oleh native speaker, dan 10) sebagian kecil

mahasiswa menginginkan agar materi keigo

selain disampaikan pada semester 2 untuk

pertama kalinya, akan lebih baik jika diu-

lang kembali pengajarannya di semester 7.

Fenny Febrianty, Pitri Haryanti, Soni Mulyawan Setiana

Tabel 4. Jawaban Mahasiswa Mengenai Tingkat Kemampuan Keigo yang dimiliki

No

Jawaban

Jumlah

Persentase

1

Rendah

64

67% (hampir sebagian besar)

2

Sedang

20

21% (sebagian kecil)

3

Rendah Sekali

11

12% (sebagian kecil)

Tabel 5. Jawaban Mahasiswa Mengenai Kesulitan dalam Menggunaan Keigo

No

Jawaban

Jumlah

Prosentase

1

Memahami dan menghafal secara teoritis

(tata bahasa dan penerapan dalam

percakapan)

39

41% (hampir setengahnya)

2

Terbalik dalam penggunaannya antara

sonkeigo dan kenjogo bagi dari segi peru-

bahan kata kerja ataupun situasi

penggunaannya

28

29.5% (hampir setengahn-

ya)

3

Tidak Terbiasa digunakan jadi lupa

19

20% (sebagian kecil)

4

uchi soto

9

9.5% (sebagian kecil)