< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 9 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.13 No. 1

33

H a l a m a n

KESIMPULAN

1. Tingkat kemampuan mahasiswa dalam

keigo

2. Tingkat kesalahan mahasiswa dalam

keigo

3.

Faktor yang mempengaruhi kesalahan

keigo

adalah pemahaman dan penguasaan

keigo yang tidak optimal. Tidak optimal-

nya kemampuan mahasiswa ditunjuk-

kan oleh tingkat kesalahan ‘sedang’

dalam penggunaan keigo. Tidak optimal-

nya pemahaman dan penguasaan dari

segi tatabahasa maupun aplikasi dalam

penggunaannya, ditambah dengan ren-

keigo

baik di dalam maupun diluar perkulia-

han membuat mahasiswa cenderung

lupa sehingga menimbulkan kesalahan

dalam penggunaannya.

Untuk meningkatkan dan mengatasi kesu-

litan dalam penggunaan keigo ini, ada

baiknya agar banyak melakukan praktek

langsung dalam percakapan baik di dalam

Keigo

memang digunakan dalam situasi-situasi

tertentu saja, oleh karena itu dalam hal ini

dosen harus menciptakan situasi baik dida-

lam maupun di luar kelas untuk mendorong

mahasiswa banyak berbicara menggunakan

keigo

waktu-waktu tertentu dimana mahasiswa

keigo

terkecuali.

Sementara itu, untuk mengoptimalkan ting-

kat pemahaman dan penguasaan dari segi

tatabahasa maupun aplikasi penggunaan

keigo, maka dalam pengajaran selain mem-

berikan penjelasan secara detil juga dapat

menggunakan media bantu audio visual

seperti video. Sementara itu, sebagai ben-

tuk latihannya dapat menggunakan metode

latihan di kelas yang mendekati situasi

sesungguhnya di lapangan, salah satunya

role play

yampaian materinya pun sekali-kali bisa

menggunakan perbandingan dengan baha-

sa-bahasa ibu (salah satunya, bahasa Sun-

da) yang memiliki ragam seperti halnya

keigo

keigo

atas dalam mata kuliah tertentu, salah

Fenny Febrianty, Pitri Haryanti, Soni Mulyawan Setiana

Tabel 6. Masukan Mahasiswa Terhadap Pengajaran Keigo di Perkuliahan

No

Jawaban

Jumlah

Prosentase

1

Praktek langsung dalam percaka-

pan sehari-hari

51

53.6% (hampir sebagian besar)

2

Menggunakan media yang lebih

visual maupun interaktif, film,

video

9

9.4% (sebagian kecil)

3

Dijelaskan lebih detil

8

8.4% (sebagian kecil)

4

Mata kuliah khusus Keigo

7

7.36% (sebagian kecil)

5

Role Play di kelas

5

5.26% (sebagian kecil)

6

Waktu pertemuan perkuliahan

yang membahas keigo ditambah

4

4.2% (sebagian kecil)

7

Diselaraskan dengan mata kuliah

yang lainnya

3

3.16% (sebagian kecil)

8

Dibandingkan dengan bahasa

Sunda

1

1% (sebagian kecil)

9

Diajar langsung oleh native

speaker

1

1% (sebagian kecil)

10 Diulang/diberikan di semester 2

dan 7

1

1% (sebagian kecil)