< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 3 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.13 No. 1

37

H a l a m a n

Tabel 1 Perilaku dan Pesan yang dijalankan

Anggota Tim

Perilaku dan peran yang dijalankan oleh

setiap anggota tim akan diuji melalui

sebuah survey. Survey tersebut berisi daftar

pertanyaan yang sudah disusun sebelumnya

oleh instruktur kelas yaitu dosen mata

kuliah. Contoh daftar pertanyaan standar

yang dapat digunakan instruktur dapat

dilihat pada Tabel 2, walaupun tidak

menutup kemungkinan instruktur dapat

menambahkan pertanyaannya sendiri.

Tabel 2 Contoh Pertanyaan Survey

Fariska Zakhralativa Ruskanda

Perilaku

Peran

Komunikasi

Active Listener

Influencer

P e n g a m b i l a n

keputusan

Analyzer

Innovator

Fact Seeker

Kerjasama

Conflict Manager

Team Builder

Manajemen diri

Goal Director

Prosess Manager

Consensus Builder

No

Pertanyaan

Kategori

1

Mendengar dengan seksama

tanpa menginterupsi

Komunikasi

2

Menunjukkan ketertarikan

dengan apa yang disam-

paikan oleh orang lain

Komunikasi

3

Memberikan tanggapan yang

konstruktif

Komunikasi

4

Mengulang apa yang telah

disampaikan untuk menun-

jukkan pengertian/

kepemahaman

Komunikasi

5

Mengklarifikasikan apa yang

telah disampaikan oleh ang-

gota lain agar tidak salah

tangkap

Komunikasi

6

Menganalisa masalah dari

berbagai sudut pandang

Pengambilan

Keputusan

7

Mengantisipasi masalah dan

membuat rencana alternatif

Pengambilan

Keputusan

8

Memahami hubungan antar

masalah dan isu

Pengambilan

Keputusan

9

Mengkaji solusi dari perspek-

tif yang berlawanan

Pengambilan

Keputusan

10

Menggunakan logika dalam

menyelesaikan masalah

Pengambilan

Keputusan

11

Menyadari permasalahan

yang harus dihadapi dan

diselesaikan oleh tim

Kerjasama

12

Mendorong munculnya ide-

ide dan opini walau berbeda

dengan yang dimilikinya

Kerjasama

13

Bekerja menuju suatu solusi

dan kompromi yang dapat

diterima oleh semua yang

terlibat

Kerjasama

14

Membantu menjembatani

perbedaan-perbedaan pen-

dapat

Kerjasama

15

Dapat menerima kritik

secara terbuka dan tidak

mencari pembelaan diri

Kerjasama

16

Memonitor kemajuan untuk

menjamin tercapainya target

Manajemen

Diri

17

Membuat rencana aksi dan

jadwal untuk targetan setiap

periode kerja

Manajemen

Diri

18

Mendefinisikan prioritas

tugas untuk setiap periode

kerja

Manajemen

Diri

19

Menjamin bahwa seluruh

anggota memahami target

yang ingin dicapai

Manajemen

Diri

20

Meminta masukan dari ang-

gota yang lain

Manajemen

Diri