< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 7 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.13 No. 1

41

H a l a m a n

Secara garis besar, ada dua pihak yang terli-

bat, yaitu instruktur/dosen

yang

menerapkan kerjasama tim dalam

perkuliahannya dan mahasiswa yang

terlibat dalam kerjasama tim. Diagram

tersebut dapat dilihat pada Gambar 1 dan

Gambar 2. Dengan menggunakan sistem

ini, Instruktur dapat melakukan aktivitas:

pendaftaran user, mengganti password,

mengelola kelas, mengelola daftar

pertanyaan kuisioner/survey, mengelola

publish

kuisioner sehingga kuisioner dapat mulai

diisi oleh mahasiswa. Sedangkan melalui

sistem ini mahasiswa dapat mengisi

kuisioner dan melihat laporan hasil

kuisioner. Semua aktivitas instuktur dan

mahasiswa tersebut dilakukan melalui

internet (berbasis web). Contoh tampilan

OnlineTeamKit

dan mahasiswa dapat dilihat pada Gambar

3 dan Gambar 4.

Kuisioner berisi daftar pertanyaan yang ha-

rus dijawab oleh masing-masing anggota

tim. Pertanyaan yang diberikan merupakan

penilaian setiap anggota terhadap dirinya

sendiri dan anggota lainnya. Anggota tim

menggunakan survey ini untuk menilai

secara anonim diri sendiri dan teman-teman

satu timnya atas berbagai perilaku tim. Un-

tuk memudahkan mahasiswa, indeks nilai

yang disediakan yaitu 1-4, yaitu (1) Tidak

Pernah, (2) Jarang, (3) Sering, dan (4) Sela-

lu. Berdasarkan penilaian tersebut, setiap

anggota tim akan menerima laporan

feedback

Laporan tersebut merangkum bagaimana

masing-masing orang menilai dirinya sendiri,

dan bagaimana penilaian anggota tim yang

lain terhadap dirinya. Contoh laporan dapat

dilihat pada Gambar 5. Laporan ini juga

dapat diakses langsung oleh mahasiswa.

Baiknya kuisioner diberikan 2 kali

persemester; di pertengahan dan di akhir.

Dengan hal ini akan dimungkinkan untuk

melihat perkembangan tim (dan

Fariska Zakhralativa Ruskanda

Gambar 5 Contoh Laporan Hasil Kuisioner