< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 8 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.13 No. 1

42

H a l a m a n

anggotanya) di akhir semester. Perlu

ditegaskan pada mahasiswa bahwa sistem

developmental feedback

evaluative feedback

untuk membantu masing-masing individu

belajar dari kinerja mereka sebelumnya

dengan memberikan masukan yang

konstruktif.

HASIL

Online TeamKit

yang dapat membantu instruktur untuk

interpersonal skill

mahasiswanya, yaitu dengan memberikan

feedback

s edang

b erjalan

t elah

b erhas il

dikembangkan. Implementasi dan uji coba

telah dilakukan sejak semester ganjil

2014/2015 di beberapa kelas perkuliahan

di Fakultas Teknik Universitas Widyatama

Feedback

perangkat lunak telah diberikan dan proses

penyempurnaan telah dilakukan beberapa

kali. Namun hal ini tidak menutup

penyempurnaan lanjutan setelah perangkat

lunak ini telah digunakan secara luas.

Perangkat lunak asesmen kerjasama tim

yang dapat membantu instruktur untuk

interpersonal skill

mahasiswanya, yaitu dengan memberikan

feedback

sedang berjalan.

Pengujian dilakukan terhadap lima kelas

yang berbeda dengan jumlah mahasiswa

per kelas berkisar antara 17 sampai dengan

30 orang. Sedangkan banyaknya anggota

berjumlah 2-3 orang perkelompok.

Kuisioner diberikan 2 kali dalam satu

semester yaitu tengah semester dan akhir

semester. Indeks nilai survey adalah 1-4,

seperti yang telah dijelaskan pada Bagian III

Online TeamKit. Tabel III memperlihatkan

nilai rata-rata perkelas untuk kedua waktu

tersebut. Dari tabel tersebut dapat

dilihatbahwa nilai rata-rata semua kelas

mengalami kenaikan sebesar 0.26 poin

atau sekitar 9.69%.

Tabel 3 Hasil Pengujian

Hasil pengujian yang menunjukkan adanya

peningkatan nilai rata-rata kelas berarti

bahwa indeks kerja sama tim meningkat.

Makna lebih jauh lagi adalah bahwa

feedback

diberikan dapat memotivasi mahasiswa

untuk lebih meningkatkan lagi hubungan

kerja sama antar anggota tim.

Feedback

telah diberikan dan proses penyempurnaan

telah dilakukan beberapa kali. Namun hal

ini tidak menutup penyempurnaan lanjutan

setelah perangkat lunak ini telah digunakan

secara luas. Perangkat lunak asesmen

kerjasama tim yang dapat membantu

interpersonal

skill

feedback

kerjasama tim yang sedang berjalan.

KESIMPULAN

Online

TeamKit

interpersonal skill

mahasiswanya secara online, yaitu dengan

feedback

kerjasama tim yang sedang berjalan melalui

perangkat lunak berbasis web. Perangkat

lunak ini memudahkan instruktur dan

Fariska Zakhralativa Ruskanda

Kelas

Nilai Rata-

rata Kelas

Tengah

Semester

Nilai Rata-

rata Kelas

Akhir Se-

mester

Selisih

Nilai

Kelas

A

2.68

2.70

0.02

Kelas

B

3.3

3.59

0.29

Kelas

C

2.23

2.54

0.31

Kelas

D

2.55

2.76

0.21

Kelas

E

2.65

3.12

0.47

Rata-

rata

2.682

2.942

0.26