Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 1 of 10
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.14 No. 2

185

H a l a m a n

VISUALISASI TOKOH PEREMPUAN

DALAM GAME MULTIMEDIA BERTEMA SEJARAH KERAJAAN

DENI ALBAR, WIRA MAHARDIKA

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain

Universitas Komputer Indonesia

game

digemari oleh masyarakat saat ini. Umumnya media game dimainkan oleh

kalangan anak-anak dan remaja, namun dalam perkembangannya masyarakat

dewasa pun tidak jarang yang menggemari aplikasi media game. Dari sekian

gamegame

kerajaan menjadi salah satu fenomena yang cukup diminati. Selain cara

game

dilatarbelakangi dengan kisah non-fiksi atau sejarah nyata yang digambarkan

dengan visualisasi tokoh-tokohnya yang belum jelas kebenarannya. Dalam

game

secara seksi dan menggoda. Dalam sejarah sebenarnya, visualisasi tokoh

perempuan belum tentu hadir dengan visualisasi seperti itu. Visualisasi yang

diberikan unsur sensual sangat mungkin hanya untuk menjadi daya tarik dalam

game

game

Dynasty Warrior

game

perupaan perempuan dalam game untuk dilihat secara menyeluruh dengan

data-data yang ada. Diluar fakta tampilan dari para tokoh yang sesungguhnya,

atau setidaknya secara logika mengenakan busana yang sesuai dengan

zamannya, ternyata para pemain tidak terganggu bahkan cenderung

menyukainya. Hal ini jelas merupakan sebuah penyimpangan sejarah dan

mampu menjadi media yang merusak pola pikir para pemain khususnya para

generasi muda. Bukan hanya merusak pola pikir akan tampilan sejarah busana

pada masa Tiga Kerajaan di Cina, namun juga merusak pola pikir akan

seksualitas para pemain.

KeywordsGame, Dynasty Warrior, Visualisasi, Tokoh, Perempuan

bidang

DESAIN

PENDAHULUAN

game

menjadi salah satu media yang digemari

oleh masyarakat saat ini. Umumnya media

game dimainkan oleh kalangan anak-anak

d a n

r e m a j a ,

n a m u n

d a l a m

perkembangannya masyarakat dewasa pun

tidak jarang yang menggemari aplikasi

media game. Game memiliki banyak jenis,