< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6

Page 4 of 6
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.14 No. 1

44

H a l a m a n

METODE PENELITIAN

Pendekatan yang digunakan pada penelitian

ini adalah pendekatan kuantitatif dengan

menggunakan metode deskriptif., yaitu

melakukan

studi

komparatif

untuk

membandingkan fenomena-fenomena yang

ditemukan dan membuat klasifikasi yang

bersumber pada suatu standar. Adapun

langkah-langkah penelitian meliputi :

a. Memilih dan merumuskan masalah

b. Menelusuri sumber-sumber kepustakaan

c. Melakukan observasi dan wawancara

d. Menginterprestasikan kondisi penelitian

dengan data yang diperoleh

e. Melakukan analisis data

f. Membuat perbandingan model yang

diinginkan sesuai dengan karakteristik

model pengembangan dan sistem yang

sedang berjalan

g. Membuat laporan penelitian ilmiah.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Berdasarkan

hasil

analisis

dan

perbandingan yang telah dilakukan, maka

didapatkan hasil.

Waterfall

Prototyping

Rani Susanto, Anna Dara Andriana

Tahapan

Pengembangan

perangkat

Lunak

Waterfall

Prototyping

Perencanaan

Sistem

Systems

Planning

Berawal dari

kebutuhan

Berawal

dari

kebutuhan

Analisis Sistem

Systems

Analysis

Kebutuhan

data harus

dianalisis

diawal

secara

lengkap dan

menyeluruh

Kebutuhan

data dapat

ditambah

ataupun

dikurangi

sesuai

dengan

kebutuhan

user,

dilakukan

testing .

Tahapan

Pengembangan

perangkat

Lunak

Waterfall

Prototyping

Perubahan

data

ataupun

fungsional

akan

merubah

keseluruh

proses pada

tahapan

berikutnya.

Perubahan

dapat

dilakukan

selama

sistem atau

perangkat

lunak masih

dalam

bentuk

prototype

Perancangan

Sistem

Systems

Design

Testing

dilakukan

ketika

semua

tahapan

pada model

sudah

selesai.

Testing

dapat

dilakukan

ketika

prototype

telah

dibangun,

sehingga

testing

dapat

merubah

rancangan

sistem.

Tidak dapat

memberikan

gambaran

yang

jelas

mengenai

sistem yang

dibangun,

karena

sistem bisa

dilihat

jika

semua

tahapan

telah

dilakukan.

Memberika

prototype

sebagai

gambaran

sistem yang

akan

dibangun,

sehingga

user

melihat dan

berinteraksi

langsung

dengan

gambaran

sistem.

User

berperan

aktif dalam

pengemban

gan sistem

Sistem yang

dibangun

akan sesuai

dengan

keinginan

user