Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10Page 11Page 12Page 13Page 14Page 15Page 16

Page 1 of 16
next >

Majalah Ilmiah UNIKOM

Vol.15 No. 2

139

H a l a m a n

APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN

SELVIA LORENA BR. GINTING, FAUZI SOFYAN

Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Universitas Komputer Indonesia

Augmented reality sebagai metode pengenalan alat musik tradisional indonesia

adalah salah satu cara memperkenalkan alat musik tradisional bagi pemula

yang ingin mengenal ataupun mengetahui bagaimanakah bentuk dan nada

suara dari alat musik tradisional tersebut. Aplikasi untuk pengenalan alat musik

tradisional ini mungkin nantinya diharapkan dapat meningkatkan rasa

kecintaan terhadap alat musik tradisional yang berasal dari indonesia ini. Sep-

erti yang kita ketahui bersama sangat jarang dijumpainya alat musik tradisional

indonesia yang dimainkan di tempat tempat umum, padahal kombinasi alat

musik tradisional seperti angklung dan gamelan ataupun alat musik tradisional

lainnya sangatlah enak untuk didengarkan dan dapat menarik perhatian setiap

orang baik warga lokal maupun interlokal selain untuk melestarikan bisa juga

untuk mengundang ketertarikan turis mancanegara sehingga dapat

menguntungkan negara. Aplikasi ini juga dapat mempermudah setiap orang

baik muda dewasa ataupun yang sudah tua untuk memainkanya dimanapun

berada tanpa harus pergi ketempat asal alat musik tradisional itu berada.

Aplikasi augmented reality yang dibangun nantinya akan diaplikasikan dan

dijalankan pada platform mobile android, dimana pada cara kerjanya aplikasi

ini akan menggunakan kamera smartphone android sebagai inputan untuk

melacak dan membaca marker (penanda) yang telah dibuat pada media seperti

buku atau majalah dengan menggunakan sistem tracking. Setelah marker

terbaca atau terlacak nantinya alat musik tradisional dalam bentuk 3D akan

tampil dan virtual button pun akan muncul sehingga pengguna dapat mengenal

alat musik tradisional ini berdasarkan bentuk 3Dnya dan dapat memainkan

nadanya berdasarkan objek virtual button yang disentuh. Pengguna nantinya

bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis dan mengunduhnya secara online,

untuk media marker (penanda) seperti buku atau majalah dapat di unduh juga

secara online dan gratis selain itu dapat juga dicetak atau di print sendiri oleh

pengguna.

KeywordsAugmented Reality, alat musik tradisional, marker, objek 3D

bidang

TEKNIK